Dukcapil Rancang Cetak Akta Online

akta-lahir
ilustrasi

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu saat ini sedang menyempurkan aplikasi cetak akta online.  Program ini akan segera dilakukan uji coba ke masyarakat yang ingin mencetak akta kelahiran dengan cara yang lebih mudah dan cepat.

“Dalam waktu dekat ini akan menerapkan aplikasi pelayanan akta online, tujuannya untuk memudahkan masyarakat pengurusan akta,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi Administrasi Dukcapil Kota Bengkulu, Nopri Andriyanto, kemarin (14/7).

Nantinya melalui aplikasi khusus ini masyarakat dapat mengajukan pembuatan akta lahir secara mandiri melalui handphone (HP) maupun komputer di rumah atau di mana saja, asal terjangkau internet. Masyarakat dapat menginput data secara langsung pembuatan akte online serta mengupload sendiri persyaratan dari HP.

“Masyarakat bersangkutan mendaftar, menginput dan mengupload persyaratan ke website Dukcapil melalui HP. Kemudian operator menerima berkas secara online ini, langsung dicetak aktenya, dan operator mengkonfirmasi ke no HP warga bersangkutan untuk pengambilan,” papar Nopri.

Pihaknya belum bisa menyebutkan kapan waktu pasti untuk melaunching aplikasi akta online ini, namun diperkirakan dalam bulan Juli ini akan segera dilaunching, sehingga pihaknya meminta dukungan dari masyarakat agar inovasi ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Yang jelas saat ini kami sedang uji coba pelayanan, doakan lancar, sehingga secepatnya di launching, sehingga masyarakat dapat menikmati kemudahan layanan ini,” harap Nopri. (805)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*