Dukcapil Prioritaskan Pemula

Ilustrasi-e-KTP-1
FOTO ; ist

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Mukomuko, minim. Karenakan distribusi blangko dari Kemendagri, sangat terbatas. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten, Badri Rusli SH menyampaikan, untuk usulan banyak disampaikan. Namun yang terealisasi hanya sekitar 500 blangko, kondisi ini telah terjadi sejak pasca Pemilu lalu.



“Kekurangan blangko ini disebabkan ketersediaan blangko di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri RI) memang sedang minim,”katanya. Terkait hal tersebut, pihaknya belum bisa melayani setiap masyarakat yang ingin memperoleh e-KTP.

Terpaksa hanya masyarakat yang belum pernah memperoleh e-KTP atau pemula saja yang bisa memperoleh e-KTP untuk saat ini.  “Warga yang sudah pernah mendapat e-KTP, namun ingin merubah data, seperti pindah alamat, merubah status perkawinan belum kita prioritaskan. Paling kita terbitkan surat keterangan (Suket),”ujarnya.  Iajuga menyampaikan, sejak beberapa bulan terakhir, pihaknya telah mengeluarkan sekitar 10 sampai 20 Suket setiap hari pelayanan.

Ini disebabkan ketersediaan blangko e-KTP yang sangat minim. Kendati demikian, Suket tersebut berfungsisama dengan e-KTP. Jika ada keperluan yang harus melampirkan e-KTP terbaru,masyarakat dapat menggunakan Suket. Sedangkan untuk blanko-blankoadministrasi lainnya, seperti Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran, aman dan masih tersedia.(900)