Dukcapil Mulai Cetak KIA Secara Massal

CURUP, Bengkulu Ekspress– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Rejang Lebong mulai melakukan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) secara massal. Proses pencetakan yang dilakukan yaitu dengan menyasar sekolah-sekolah terutama SD yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

“Saat ini kita memang sudah mulai melakukan pencetakan KIA dengan sasaran awal kita adalah pelajar SD,” papar Kepala Dinas Dukcapil Rejang Lebong, Drs Muradi melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Mei Susanti Harahap SH MM saat dikonfirmasi Senin (7/10) kemarin.

Dijelaskan proses pencetakan KIA secara massal tersebut telah mereka laksanakan sejak awal September lalu dengan cara meminta sekolah-sekolah yang telah ditunjuk untuk mengumpulkan berkas persyaratan pencetakan KIA secara kolektif atau dikoordinir oleh masing-masing sekolah. Setelah persyaratan lengkap kemudian diantar ke Dinas Dukcapil Rejang Lebong untuk dilakukan pencetakan.



Dari awal pelaksanaan pencetakan KIA sendiri, Susan mengaku pencetakan KIA sudah dilaksanakan di dua SD yaitu SDN 1 dan SDN 2 Rejang Lebong. Untuk SDN 1 Rejang Lebong berkas yang mereka terima sebanyak 364 orang anak, namun setelah dilakukan pemeriksaan, maka yang dicetak hanya sebanyak 258 sedangkan sisanya 198 dikembalikan ke pihak sekolah. Kemudian untuk SDN 2 Rejang Lebopng total berkas yang mereka terima sebanyak 630 berkas, kemudian setelah dilakukan pemeriksaan maka yang bisa dicetak sebanyak 515 orang dan sisanya 115 berkas dikembalikan.

“Untuk yang kita kembalikan atau belum dicetak seperti karena persyaratannya kurang, belum berdomisili di Rejang Lebong hingga datanya belum selaras dengan data base kependudukan,” paparnya.

Pencetakan KIA secara kolektif tersebut, menurut Susan tidak hanya dilakukan untuk sekolah negeri saja namun juga untuk sekolah swasta salah satunya SDITA Taman Harapan dan SDIT Khoiru Ummah. Bahkan untuk SDIT Taman Harapan sudah memasukkan berkas untuk 1.000 orang, hanya saja berkas tersebut terpaksa harus dikembalikan dulu karena datanya belum lengkap terutama terkait dengan golongan darah.”Untuk tahap awal pencetakan KIA secara kolektif ini kita lakukan untuk pelajar SD, namun setelah tahun ini akan kita evaluasi untuk dilaksanakan ditingkat SMP,” papar Susan.

Tak hanya itu, menurut Susan, meskipun untuk tahap awal ini pencetakan KIA secara kolektif baru mereka usulkan ke sekolah-sekolah yang ada di Rejang Lebong, namun kedepannya akan dilakukan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Kemudian untuk persyaratan pencetakan KIA sendiri diantaranya fotokopi kutipan akta kelahiran, kemudian fotokopi kartu keluarga, fotokopi KTP-el orang tua, pasfoto anak berwarna dengan latar warna bebas ukuran 2×3 sebanyak dua lembar dan surat keterangan golongan darah.

“Dengan kita lakukan pencetakan KIA secara kolektif maka untuk sementara waktu pencetakan yang dilakukan secara pribadi kita hentikan dulu,” paparnya.

Dengan telah berjalannya proses pencetakan KIA, maka menurut Susan hingga kemarin total KIA yang telah dicetak di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 1.576 keping kemudian untuk stok blangko masih ada 17.924 keping.Kemudian untuk jumlah anak di Kabupaten Rejang Lebong yang wajib KIA sekitar 78 ribu.

Hanya saja karena keterbatasan personil dan mesinnya sehingga untuk pencetakan KIA kali ini Dinas Dukcapil Rejang Lebong membatasi hanya untuk anak usia 5 sampai 15 tahun saja terlebih dahulu.”Kita hanya melayani cetak pertama sehingga untuk penggantian belum kita lakukan, disisi lain pada penerimaan siswa baru tahun depan belum akan menggunakan KIA,” demikian Susan.(251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*