Dukcapil Lebong Kembali Gelar Program Jebol

LEBONG, bengkulu ekspress.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong kembali akan melaksanakan program jemput bola (Jebol), untuk proses perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E).

Kepala Dukcapil Kabupaten Lebong, Elva Mardiana SIP MSi mengatakan, untuk pelaksanaan program Jebol akan menyasar para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang berumur 17 tahun sebelum tanggal 17 Desember 2020 mendatang.
“Sehingga mereka nantinya bisa memberikan hak pilihnya dalam pelaksanaan pilkada,” jelasnya, Sabtu (25/07).

Menurutnya, selain melaksanakan perekaman terhadap para siswa tingkat SMA sederajat, program Jebol juga akan dilaksanakan di setiap kecamatan (12 Kecamatan) di Lebong dengan jadwal yang telah ditetapkan. Sehingga semua masyarakat yang nanti berumur 17 tahun sebelum Pilkada telah memiliki KTP-E.
“Nanti kita lakukan perekaman terlebih dahulu dan bagi yang umur 17 tahun tepat tanggal 9 Desember, akan baru kita serahkan KTP-E setelah pelaksaan pemilihan,” sampainya.

Ia menjelaskan, untuk data terakhir yang diterima, setidaknya dari total 76.432 orang masyarakat wajib miliki KTP-E, sebanyak 75.364 orang yang telah melakukan perekaman atau tinggal 960 orang yang belum melakukan perekaman.
“Namun jumlah tersebut akan terus berubah, karena sifatnya dinamis,” tuturnya.(614)