Dukcapil Kota Bengkulu Jamin Tak Akan Temukan Masalah Kehabisan Blanko

FOTO IST – Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu, Drs Sudarto.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Persoalan kehabisan blanko di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu memang kerap ditemukan masyarakat. Hal itu pula yang kadang menjadi penghambat masyarakat dalam pembuatan e- KTP.

Namun hal itu nampaknya mulai mendapatkan solusi karena pada 2020 nantinya, Ditjen Dukcapil Kemendagri akan mendistribusikan 2,5 juta keping blangko e-KTP ke seluruh daerah untuk mengantisipasi kekurangan di berbagai daerah.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu Drs Sudarto, Rabu (19/02) saat ditemui di kantornya setelah kemarin dikunjungi anggota dari Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Ia mengatakan, tahun 2020 masyarakat tak akan lagi temukan masalah kekurangan blanko.

“Ya nanti tiap daerah didistribusikan sebanyak 2,5 juta keping blanko per tahun. Tapi tidak langsung semuanya, namun bertahap. Itu juga dilihat dari banyaknya pemohon pembuatan e-KTP, jika berasa kurang kita bisa minta lagi ke Kemendagri tanpa harus menunda lama,” ucapnya.

Tambah Sudarto, selama ini pihaknya hanya mendapat sekitar 500 blanko per tahun. Nanti di tahap pertama di 2020 Dinas Dukcapil Kota Bengkulu akan menerima sekitar 4.000 blanko untuk melayani pembuatan e-KTP masyarakat. (Imn)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*