Dukcapil Jemput Bola

Ilustrasi-e-KTP-1
FOTO ; ist

LEBONG, Bengkulu Ekspress– Menindak lanjuti data dari pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebong, masih ada sekitar 5 ribu penduduk yang belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) mendatangi 93 Desa dan 11 Kelurahan untuk melakukan perekaman E-KTP.

Pelaksana tugas (PLT) Kepala Dukcapil Lebong, Drs Budi Setiawan mengatakan, bahwa untuk pelaksanaan perekaman E-KTP sendiri sudah dijadwalkan dan dilaksanakan sejak 24 Juli hingga 20 Agustus 2018 ini.

“Dimulai dari Kecamatan Topos hingga nanti selesai di seluruh desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Lebong,” jelasnya, kemarin (25/07).

Masih banyaknya masyarakat yang hingga saat ini belum memiliki E-KTP. Sementara itu merupakan salah satu syarat wajib masyarakat untuk melakukan pemilihan Legislatif (Pileg) maupun pemilihan umum (Pemilu), dikarenakan memang masih banyak masyarakat yang belum melakukan rekam.



“Itu hasil coklit langsung dari teman-teman kita di PPS yang langsung turun ke setiap rumah-rumah penduduk,” sampainya.

Dengan langsung turun ke lapangan untuk melakukan perekaman, pihaknya (Dukcapil) membentuk 3 tim yang secara bergantian mendatangi setiap Desa dan Kelurahan. Untuk itulah selaian pihak KPU telah menginstruksikan kepada pihak PPS dan PPK untuk menyampaikan kepada masyarakat perangkat desa juga bisa aktif menyampaikan.

“Kami juga telah menyampaikan baik nama maupun alamat yang belum melakukan perekaman kepada pihak Desa atau Kelurahan,” ujarnya.

Dengan datangnya langsung pihak Dukcapil untuk melakukan perekaman E-KTP, Budi sangat berharap antusias untuk melakukan perekaman di tempat-tempat yang telah disediakan di masing-masing Desa atau Kelurahan. “Silahkan datang sesuai dengan jadwal yang telah kami buat dan sampaikan kepada pihak Desa maupun kelurahan,” ajak Budi.(614)