Dukcapil Distribusikan Langsung KIA

Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong bersama Kadis Dukcapil saat mendistribusikan langsung KIA ke sejumlah sekolah di Rejang Lebong Selasa (11/2) kemarin.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Rejang Lebong mendistribusikan langsung Kartu Identitas Anak (KIA) yang telah mereka cetak. Pendistribusian KIA ini sendiri dilakukan Dinas Dukcapil bersama TP PKK Kabupaten Rejang Lebong.

Pendistribusian KIA yang dilaksanakan Dinas Dukcapil bersama ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong tersebut seperti pada Selasa (11/2) pagi kemarin. Dimana pendistribusian dilakukan ditiga SD di Kota Curup yaitu di SDN 96 Air Merah Kecamatan Curup Tengah, Kemudian di SDN 134 Pelabuhan Baru Kecamatan Curup dan SDN 89 Tanjung Beringin Kecamatan Curup Utara.

“Penyerahan langsung KIA ini merupakan inovasi dari Dukcapil bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Rejang Lebong,” terang Kepala Dinas Dukcapil Rejang Lebong, Drs Muradi Selasa kemarin.

Dengan adanya pendistribusian langsung tersebut, maka menurut Muradi diharapkan bisa memudahkan anak dan orang tua di Kabupaten Rejang Lebong untuk mendapatkan KIA tanpa mereka harus datang ke Kantor Dinas Dukcapil Rejang Lebong.

Selain itu ia juga mengungkapkan bila sebelumnya dalam pencetakan KIA sendiri pihaknya juga melakukan jemput bola dengan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong yaitu terkait dengan pembuatan KIA secara kolektif yang persyaratannya dikumpulkan di sekolah masing-masing.

“Harapan kita ke depan seluruh anak di Rejang Lebong ini memiliki KIA baik yang sudah sekolah maupun pra sekolah, karena memang keberadaan KIA ini sangat penting,” ungkapnya.

Senada dengan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Dukcapil Rejang Lebong, Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong, Fitri Hertikasari A Hijazi SE juga mengungkapkan keberadaan KIA ini sangat penting.

Karena menurutnya saat anak akan membuat tabungan di bank atau sejumlah keperluan lain termasuk pembelian tiket perjalanan maka akan lebih mudah karena telah memiliki KIA.”Keberadaan KIA ini sangat penting, sehingga anak-anak di Rejang Lebong kedepannya harus memiliki KIA,” terang Bunda Fitri sapaan akrab istri dari Bupati Rejang Lebong tersebut.

Lebih lanjut, Bunda Fitri mengungkapkan berdasarkan informasi dari Dinas Dukcapil Rejang Lebong, hingga kemarin Dinas Dukcapil Rejang Lebong telah berhasil mencetak sebanayk 10 ribu KIA di Rejang Lebong.

Dimana menurutnya sebagian KIA tersebut sudah mereka distribusikan kepada anak-anak di Kabupaten Rejang Lebong.(251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*