Dukcapil Cetak 1.390 Keping KIA

APRIZAL/Bengkulu Ekspress
Tampak warga saat ingin mengurus program KIA di Disdukcapil Bengkulu Utara, kemarin.

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkulu Utara sudah mulai mencetak Kartu Identitas Anak (KIA) 1.390 keping.  Hal ini disampaikan Kepala Disduckcapil Bengkulu Utara, H Juhirjo SH MM ketika ditemui Bengkulu Ekspress di ruang kerjanya, kemarin (22/1).

“Setelah dilaunching pada 9 Januari lalu hingga saat ini sudah 1.390 keping KIA yang sudah kita cetak dan direalisasikan,” kata Juhirjo.

Juhirjo menambhakan, untuk tahun 2019 ini pihaknya menargetkan 23.000 keping KIAN berhasil dicetaj. Lebih lanjut Juhirjo menyampaikan, bahwa untuk ditahun ini pihak Disdukcapil Bengkulu Utara dalam proses melakukan pola pencetakan kartu KIA difokuskan kepada anak-anak SD dan SMP, pola pemberian ini dipertimbangkan dikarenakan hanya 23.000 keping untuk tahun 2019 ini.

“Saya memilih lebih kepada anak SD dan SMP, pola pemberian ini dipertimbangkan dikarenakan ditargetkan hanya hanya 23 ribu untuk tahun 2019 ini, jadi untuk anak PAUD, TK dan SMA saya tinggalkan dulu, karena PAUD dan TK prosesnya masih panjang, sedangkan untuk SMA kita memang kita fokuskan kejar tayang untuk mencetak e-KTP,” terangnya.

Untuk itu, Juhirjo mengimbau kepada seluruh Kepala Sekolah SD dan SMP agar mengumpulkan data anak didiknya. Hanya mengumpulkan foto copy Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Pas Photo ukuran 2×3 sebanyak 2 lembar, Pas Photo ini disesuaikan dengan tahun kelahiran anak, bila ganjil foto backgroundnya merah, bila genap bacgroundnya biru.

Inilah yang akan diserahkan kepada kepala sekolah secara kolektif untuk diserahkan ke Disdukcapil. “Dengan ini saya menghimbau kepada seluruh kepala sekolah agar lebih pro aktif kepada untuk menyerahkan data anak didiknya secara kolektif kepada kita,” tandasnya.(127)