Dukcapil Buka Layanan di Pameran HUT Curup

ARY/Bengkulu EkspressStand Dinas Dukcapil Rejang Lebong dalam pameran HUT Kota Curup yang membuka permohonan pendaftaran administrasi kependudukan.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Guna mempermudah masyarakat Rejang Lebong untuk mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan, Dinas Dukcapil Rejang Lebong memanfaatkan stand pameran pembangunan dalam rangka HUT Kota Curup ke-139 di Lapangan Dwi Tunggal Kota Curup untuk membuka layanan.

“Di stand Dinas Dukcapil Rejang Lebong pada pameran pembangunan HUT Kota Curup ini, kita membuka layanan administrasi kependudukan,” sampai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatatn Sipil (Diknas Dukcapil) Rejang Lebong, Drs Muradi melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Mei Susanti Harahap SH MM.

Dijelaskan Susan, berbagai pelayanan yang bisa dimanfaatkan masyarakat di stand Dinas Dukcapil Rejang Lebong tersebut mulai dari perekaman KTP-el, namun menurut Susan karena terkendala jaringan sehingga perekaman hanya bisa dilakukan mobile atau offline. Kemudian pelayanan lainnya seperti pendaftaran administrasi kependudukan seperti permohonan pembuatan kartu keluarga dan akte kelahiran.



“Permohonan-permohonan seperti KK dan akte bisa disampaikan di stand Dinas Dukcapil Rejang Lebong dengan syarat persyaratannya harus lengkap,” tambah Susan.

Namun menurut Susan, meskipun pendaftaran bisa dilakukan di stand Dinas Dukcapil Rejang Lebong, namun untuk proses pembuatannya sendiri, menurut Susan akan tetap mereka laksanakan di Dinas Dukcapil Rejang Lebong, sehingga untuk pengambilan dukumennya juga tetap di Dinas Dukcapil Rejang Lebong.”jadi di stand ini sifatnya kita hanya menerima berkas dengan persyaratan lengkap, kemudian untuk peroses pembuatan dan pengambilan dokumennya tetap di Dinas Dukcapil Rejang Lebong.,” terang Susan.

Dengan dibukanya layanan di di stand Dinas Dukcapil Rejang Lebong yang ada disisi kiri panggung utama Lapangan Dwi Tunggal Kota Curup, Susan mengajak masyarakat Rejang Lebong yang mendatangi lokasi peringatan HUT Kota Curup ke-139 tersebut untuk memanfaatkan layanan yang diberikan Dinas Dukcapil Rejang Lebong tanpa harus datang ke kantor Dinas Dukcapil Rejang Lebong. “Jadi masyarakat yang lagi nonton pameran bisa sekalian mengurus administrasi kependudukannya dengan mendatangi stand Dinas Dukcapil Rejang Lebong,” demikian Susan.(251)