Dukcapil BS Terima 10 Ribu Keping Blanko KTL El

Gunawan Suryadi SSos MAP

KOTA MANNA,  bengkuluekspress.com – Kabar gembira bagi warga Bengkulu Selatan (BS) yang belum memiliki KTP elektronik (KTP EL). Pasalnya saat ini dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) BS mendapat kiriman dari pemerintah pusat blanko KTP EL.

“Kita ada tambahan blanko KTL EL sebanyak 10 ribu keping,” kata Kepala Dinas Dukcapil BS, Gunawan Suryadi SSos MAP.

Dikatakan Gunawan, Blanko KTL EL tersebut diperuntukan bagi wajib KTP baru. Sehingga pada saat Pilkada serentak 9 Desember nanti,mereka sudah memegang KTP EL. Tidak hanya itu, jika masih berlebih, jika bisa untuk pengganti KTP EL yang hilang atau rusak. Sehingga KTP EL mereka baru lagi.

“Setelah rekam. KTP EL nya langsung kami cetak,” ujar Gunawan.

Dijelaskan Gunawan, saat ini warga BS wajib KTP atau usia 17 tahun ke atas atau sudah menikah sebanyak 123 ribu jiwa. Dari jumlah tersebut, yang sudah merekam data KTP EL sebanyak 122.300 orang. Sehingga yang belum merekam data KTP EL sebanyak 700 orang lagi. Ke-700 orang ini pada umummya pemilih pemula, hanya sebagian kecil saja yang orang dewasa.

“Yang belum merekam data KTP EL itu pemilih pemula,” imbuh Gunawan.

Oleh karena itu, sambung Gunawan, bagi warga yang belum memiliki KTP EL agar dapat segera merekam data. Sehingga pada saat pencoblosan nanti atau 9 Desember 2020 nanti, sudah memegang KTP. Pasalnya bagi yang tidak memiliki KTP EL tidak dapat menyalurkam hak suaranya pada Pilkada serentak nanti.
“Yang belum rekam data KTP El silahkan rekam data, setelah selesai, KTP EL nya langsung kami cetak,” terang Gunawan. (369)