Duh, Sekolah Ini Cuma Miliki 3 Guru

PELABAI, BE – Dunia pendidikan di Kabupaten Lebong belum mendapatkan perhatian secara serius. Pasalnya, masih banyak sekolah yang dibiarkan dalam kondisi memprihatinkan. Seakan mati segan hidup tak mau.

Lihat saja Sekolah Dasar (SD) Kelas Jauh Trans Pelabai. Di sekolahnya hanya ada 3 ruang kelas dan 3 orang guru. Selain it untuk fasilitas seperti buku-buku banyak yang tidak lengkap.

“Saya di sini cuma batas kelas tiga saja. Kalau kelas empat sampai kelas enamnya saya sekolah di SD di Desa Pelabai (SD induk). Kalau SD ini ada sampai kelas enam saya tidak perlu jauh sekolah ke bawah. Karena untuk ke sekolah itu saya harus berjalan sekitar 1 jam,” kata Andri (9), salah satu siswa kelas III di sekolah itu.

Salah satu guru honor di SD Trans Pelabai Nurhasanah saat ditemui wartawan mengatakan jika dirinya bersama dua guru honor lainnya berharap agarĀ  Diknaspora Lebong dapat menempatkan guru sekolah yang telah PNS di kelas jauh tersebut dengan tujuan murid-murid di sekolah tersebut tidak ketinggalan dengan murid sekolah lain. “Di SD sini hanya ada tiga guru honor, satu penjaga sekolah, serta satu penjaga perpustakaan dan tidak ada satupun guru PNS. Saya jadi guru di sini sudah 3 tahun terhitung dari SK honor saya dari bulan April 2009,” kata Nurhasanah yang juga
guru kelas II ini.

Dengan minimnya fasilitas dan tenaga pengajar ini, Nurhasanah berharap ke depan di sekolahnya ini ditempatkan guru PNS. Selain itu ada penambahan ruang kelas baru. Sebab selama ini siswa yang kelas IV hingga kelas VI harus berjalan sekitar 2 KM untuk dapat bersekolah ke SD induk di Desa Pelabai.

“Selain itu, saya berharap juga SD ini menjadi SD Negeri dan semua guru yang telah mengabdi dapat diangkat menjadi guru PNS,” harap Nurhasanah.(777)