Dugaan Korupsi DD Jeranglah Tinggi Diusut

ASRI/BE
SAKSI: Salah seorang saksi saat memberikan keterangan pada penyidik tipikor Polres
BS, Selasa (17/11).

KOTA MANNA, BE – Dugaan korupsi dana desa (DD) terus bertambah di Bengkulu Selatan (BS). Kali ini terjadi di Desa Jeranglah Tinggi, Manna. Bahkan saat ini penyidik Sat Tipikor Polres BS, sudah memeriksa banyak saksi.

“Kita mulai melakukan penyelidikan dugaan korupsi DD Desa Jeranglah Tinggi, saat ini kami sudah memeriksa 100 saksi,” kata Kapolres BS, AKBP Deddy Nata SIK melaluiĀ  Kasat Reskrim, AKP Rahmat Hadi Fitrianto SH SIK didampingi Kanit Tipikor, Ipda Sukamto SH MSi.

Dikatakan Sukamto, adanya dugaan korupsi Dana Desa (DD) dan BUMDes tersebut pada tahun 2016-2019. Polisi menerima laporan langsung dari masyarakat untuk pengusutan tersebut.

Sambung Sukamto, selain meminta keterangan warga, penyidik juga menggandeng Inspektorat sehingga diharapkan pengusutan dapat segera tuntas.

“Saksi sedang kami mintai keterangan, untuk mengetahui apakah kegiatan di Desa Jeranglah Tinggi terjadi korupsi atau tidak,” ujarnya.

Dijelaskan Sukamto, dari laporan masyarakat setempat, adanya dugaan korupsi DD dan anggaran BUMDes empat tahun anggaran. Polisi melalukan penyelidikan jika ada unsur kerugian negara, barulah nanti ditingkatkan ke tahap penyidikan.

“Untuk kerugian negaranya belum kota hitung. Jika unsur pidananya nanti terpenuhi, maka kita tingkatkan ke penyidikan dan menetapkan tersangkanya,” demikian Sukamto. (369)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*