Duet SAS Bawa Liverpool Tekuk Stoke

STAFFORDSHIRE — Kembalinya duet SAS (Suarez-Sturridge) yang dimiliki Liverpool lagi-lagi menelan korban. Kali ini adalah tuan rumah Stoke City yang harus merasakan duet penghasil gol terbannyak sementara di Liga Inggris tersebut.  Liverpool menang dalam drama hujan gol  5-3 (3-5) di Brinannia Stadium, Minggu (12/1) malam WIB.

Laga babak pertama baru dimulai tuan rumah dikejutkan oleh keunggulan 0-1 untuk Liverpool saat laga  memasuki menit kelima. Gol itu justru tercipta akibat bunuh diri pemain tuan rumah.

Berawal dari umpan jauh Martin Skrtel, Aly Cissokho berhasil menerima bola dan menembakkannya ke arah gawang Stoke.  Sial bagi tuan rumah, Ryan Shawcross yang bermaksud menghadang justru membelokkan bola dengan kepalanya ke gawang sendiri. 0-1 tim tamu unggul.

Dalam posisi unggul, Liverpool terus mendominasi laga. Hasilnya pada menit ke-32, Luis Suarez berhasil memaksimalkan kemelut di muka gawang Stoke untuk mencetak gol pertamanya. Liverpool menjauh 0-2.

Tertinggal dua gol memacu tuan rumah untuk bangkit. Hasilnya mantan penyerang Liverpool, Peter Crouch menyobek jala bekas klubnya  pada menit ke-39. Pemain 32 tahun ini menaklukkan kiper Simon Mignolet lewat heading yang memanfaatkan umpan Marko Arnautovic. Skor kini menjadi 1-2.

Beberapa detik sebelum babak pertama berakhir, tuan rumah berhasil memaksakan laga paruh pertama berakhir imbang 2-2. Ini terjadi setelah  tendangan jarak jauh  Charlie Adam tidak mampu ditepis Mignolet.

The Reds -sebutan Liverpool— tak mau kemenangan yang sempat digenggam di awal babak pertama hilang begitu saja. Mereka meningkatkan tempo serangan di babak kedua. Hasilnya langsung terlihat pada menit ke-51 saat Steven Gerrard berhasil mengembalikan keunggulan tim tamu 2-3 melalui titik putih.

Gol ini bermula dari aksi  Raheem Sterling yang menggiring bola dari sisi kiri pertahanan tuan rumah yang harus dihentikan dengan pelanggaran. Wasit menghadiahkan tendangan penalti sebagai hukuman yang dituntaskan dengan smpurna oleh Gerrard.

Tak ingin kemenangan kembali hilang pelatih, Brendan Rodgers menurunkan Daniel Sturridge yang baru sembuh dari cedera di menit ke 66. Hal ini membuat duet SAS kembali beraksi.

Hasilnya langsung terlihat. Duet maut ini berhasil membuat Liverpool ungul 2-4 di menit ke-71. Umpan Sturridge dimanfaatkan Suarez untuk mencetak golnya yang ke-22 pada musim ini.

Tertinggal dua gol, tuan rumah belum mau menyerah.  Mereka berhasil merubah skor menjadi 3-4 pada menit ke-85 lewat Jonathan Walters.

Namun dua menit kemudian Liverpool membalas. Kali ini Sturridge membuat timnya menutup laga dengan keunggulan 3-5 di menit ke 87. Ini adalah gol ke 10 bagi Sturridge musim ini.

Berkat kemenangan ini Suarez dan kawan-kawan kembali ke peringkat empat klasemen sementara dengan 42 angka dari 21 laga. Mereka berhasil menggusur Tottenham dan Everton yang sebelumnya menyalip di urutan lima dan empat.(zul/jpnn)