Duel Maut, Dua-duanya Tewas

Tetangga Berhadapan Rumah

KOTA PADANG, BE – Warga Desa Lubuk Mumpo Kecamatan Kota Padang Minggu pagi 27/9 sekitar pukul 07. 00 WIB, geger.  Pasalnya warga menemukan 2 orang laki laki tewas bersimbah darah.   Kedua laki-laki itu diketahui bernama Dedi Rizon bin  Zulkipli  (28) yang saat ditemukan mengalami 2 luka tusukan di dada, serta Herman bin Acin (30), yang mengalami luka tusuk pada leher dan perut.  Keduanya merupakan warga Desa Lubuk Mumpo Kecamatan Kota Padang yang merupakan tetangga berhadapan rumah.  Keduanya ditemukan terkapar bersimbah darah di pinggir jalan menuju ke arah Trans Lubuk Mumpo yang berjarak kurang lebih 2 Km dari desa setempat.
Data yang dihimpun BE, kejadiannya berawal kedua pria ini bertemu berpapasan di jalan menuju ke  Trans  Lubuk  Mumpo.  Saat berpapasan, kedua pria yang rumahnya berhadapan ini  saling bertatap muka dan saling berhadapan, sehingga salah satu korban tidak senang sehingga terjadi perkelahian sengit.  Kedua korban saat itu sama-sama menyimpan senjata tajam jenis pisau dan parang untuk beraktivitas di kebun.  Duel satu lawan satu itupun berakhir maut.  Kedua korban mengalami luka serius, yang mana korban atas nama Dedi mengalami luka tususk 2 lubang di dada kiri dan kanan, sedangkan Herman mengalami luka sabetan di perut hingga usus terburai.
Kapolres Rejang Lebong AKBP Dirmanto SH Sik melalui Kapolsek Kota Padang Iptu Heri Saputra ditemui di ruang kerjanya Minggu kemarin membenarkan adanya kejadian perkelahian adu duel yang menyebakan kedua korban meninggal dunia di TKP.
“Kedua korban yang meninggal dunia  merupakan warga Desa Lubuk Mumpo Kecamatan Kota Padang.  Diduga ada dendam lama antara kedua korban,” ujar Kapolsek.
Ditambahkan Heri, saat ditemukan oleh warga setempat, kedua korban sudah meninggal dunia, ditemukan di pinggir jalan menuju ke arah Trans Lubuk Mumpo,” jelasnya .
Menurut Kapolsek, begitu mendapat informasi adanya dua orang warga Desa Lubuk Mumpo yang meninggal dunia di pinggir jalan, pihaknya langsung mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan menemukan kedua korban sudah tewas bersimbah darah dan langsung mengamankan barang bukti senjata tajam yang di temukan di TKP.
Dan bersama warga kedua korban langsung dievakuasi ke desa setempat dan langsung dibawa ke Puskesmas terdekat untuk divisum.
Dikatakan Heri, kedua korban duel ini merupakan tetangga dekat yang mana rumahnya saling berhadapan.  Dari hasil penyelidikan sementara, perkelahian adu duel hingga menyebakan kedua korban meninggal dunia dipicu dendam lama,” bebernya .
“Untuk saat ini kedua korban sudah dikebumikan di desa setempat oleh pihak keluarganya masing masing. Dan pasca kejadian ini, Desa Lubuk Mumpo masih kondusif dan aman terkendali.
Supaya tidak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan, Kapolsek mengimbau supaya kedua belah pihak sama sama menahan diri dan pihaknya sudah mengumpulkan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat supaya sama sama menenagkan keluarga masing masing.
Terpisah Dandim RL Letkol Kav Sugi Mulyanto Sos melalui Danramil Kota Padang Kapten Inf Sumardi mengungkapkan mendapat laporan dari masyarakat adanya koran meninggal dunia terkapar di pinggir jalan bersimbah darah.  Selanjutnya piket Koramil langsung meluncur mendatangi TKP bersama pihak Polsek Kota Padang dan langsung mengevakusi kedua jenazah untuk di bawah ke desa,” kata Sumardi .
“Untuk saat ini keadaan di Desa Lubuk Mumpo pasca kejadian itu masih kondusif dan anggota piket Koramil bersama pihak Polsek Kota Padang masih berada di desa setempat memberikan pemahaman kepada keluarga masing masing,” pungkasnya. (222)