Dua Sungai di Rejang Lebong Meluap, Puluhan Rumah Terendam

Ary/BE Luapan Sungai Air Putih yang merendam puluhan rumah di Kelurahan Kepala Siring Kecamatan Curup Kamis (23/4/2020) pagi

CURUP, bengkuluekspress.com – Hujan deras yang melanda Kabupaten Rejang Lebong Kamis (23/4) dini hari membuat dua sungai yang melintas di Kota Curup meluap. Akibatnya puluhan rumah terendam banjir.

Dua sungai yang meluap tersebut adalah Sungai Air Putih dan Sungai Air Duku. Rumah-rumah yang terendam tersebut berada dibeberapa desa dan kelurahan seperti di Kelurahan Kepala Siring, Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Curup serta di Keluhan Dusun Curup dan Desa Batu Dewa Kecamatan Curup Utara.

Tak hanya merendam rumah, banjir juga memutus jalan Lintas Curup – Muara Aman di Kelurahan Dusun Curup, karena air meluap hingga ke jalan dan tidak bisa dilintasi kendaraan bermotor.

Bila Sungai Air Duku selama ini memang langganan banjir terutama saat hujan dengan intensitas tinggi, berbeda dengan Sungai Air Putih, meskipun kerap banjir namun tidak separah Kamis pagi yang sampai merendam puluhan rumah.

“Banjir seperti ini terakhir kali terjadi tahun 1979 lalu, dan baru kali ini terulang,” sampai Ketua RW 01 Kelurahan Kepala Siring Drs Rahman Manan saat ditemui dilokasi banjir.

Menurut Rahman, air mulai meluap sekitar pukul 02.30 WIB, kemudian air terus meluap hingga merendam puluhan rumah pada Kamis subub, kemudian sekitar pukul 08.00 WIB air mulai terlihat surut.

Sementara itu, M Ali ST anggota DPRD Rejang Lebong yang juga warga Kepala Siring mengungkapkan pasca kejadian ia telah meminta ketua RW untuk mendata masyarakat yang terdampak banjir tersebut, serta mendirikan posko banjir agar pemerintag mudah melakukan koordinasi.

“Kita akan koirdinasikan bencana ini ke BPBD dan dinas terkait lainnya sehingga warga yang terdampak bisa mendapat bantuan dari pemerintah,” sampai Ali yg merupakan ketua Komisi III DPRD Rejang Lebong.(Ary)