Dua Rumah dan 4 Kontrakan di Kota Bengkulu Terbakar

Kebakaran
Budhi/BE
KEBAKARAN : Kebakaran yang terjadi pada Minggu (26/7) pagi yang menghanguskan 2 unit rumah serta 4 unit kontrakan, yang berada di Jalan Depayung Negara Kecamatan Selebar Kota Bengkulu.

BENGKULU, BE – Peristiwa kebakaran kembali terjadi. Kali ini terjadi di Jalan Depayung Negara 7 Rt 21m Kelurahan Pagar Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu, Minggu (26/7), sekitar pukul 10.30 WIB. Si jago melalap 2 unit rumah dan 4 unit kontrakan.Personel Dinas Pemadam Bahaya Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu dengan sigap memadamkan api kebaran itu. Dalam tempo 1 jam api pun berhasil dijinakkan dan dipadamkan.

Dijelaskan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu Saipul Apandi kepada BE saat diwawancarai di lokasi kejadian, ‘Kita mendapatkan informasi dari masyarakat ada kebakaran. Kemudian, kita datangi dan berhasil melakukan pemadaman. Peristiwa kebakaran tersebut terjadi diduga akibat korsleting arus pendek listrik dari salah satu rumah, yakni milik Jon Sihamzah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Hanya saja, para korban ditaksir mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

“Kerusakan rumah dan kontrakan yang terbakar cukup parah,” katanya.

Rumah korban pak Jon Sihamzah ludes terbakar, sedangkan untuk rumah milik korban Nanda hanya bagian dapurnya yang terbakar. Sementara 4 unit kontrakan milik Trijuhargo hampir semuanya ludes terbakar. Saat kebakaran terjadi penghuni rumah ada yang sedang pergi dan ada pula bedengan yang memang kosong tak ada penyewanya.

Mengatasi kebakaran itu Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu menurunkan 10 unit mobil pemadam dari 9 Pos yang ada di Kota Bengkulu.
“Semua kekuatan yang kita punya akan kita turunkan untuk memadamkan api tersebut. Berkat keterampilan para petugas kita, api bisa segera dipadamkan dan tidak sempat merambat ke rumah warga lainnya,” tuturnya.
Salah seorang saksi mata yang melihat pertama kali api muncul, Hardian Hadika (38) mengatakan, sebelum rumah milik Jon Sihamzah mengeluarkan asap dan api, sempat terdengar suara ledakan listrik yang berasal dari salah satu rumah. Setelah mendengar suara ledakan, kita melihat ada asat pekat hitam keluar dari atap rumah Pak Jon. Setelah mengetahui ada kebakaran, kita pun langsung menghubungi Dinas Pemadam Bahaya Kebakaran dan berselang beberapa menit petugas Damkar pun tiba dan langsung melakukan pemadaman.

Warga setempat langsung membantu mengeluarkan barang milik korban yang ada di dalam rumah yang terbakar. Berdasarkan pantauan BE, rumah yang terbakar tersebut berada di dalam gang. Kondisi itu menyulitkan petugas Damkar dalam melakukan pemadaman. Peristiwa tersebut pun menarik perhatian warga sekitar, serta yang melintas sehingga timbul kemacetan di sekitar lokasi kebakaran. (529)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*