Dua Provinsi Bakal Dinobatkan Sebagai Pemda Terbaik

Dalam Kinerja Pelayanan Publik
Azwar AbubakarJAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan memberikan penghargaan kepada pemerintah provinsi yang dinilai berprestasi dalam pelayanan publik tahun 2012. Dalam waktu yang sama, kementerian yang dipimpin Azwar Abubakar itu juga akan memberikan penghargaan tentang laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja (LAKIP) pemerintah kabupaten/kota.
“Rencananya penyerahan penghargaan akan dilaksanakan Kamis, 28 Maret 2013,” ungkap Deputi Pelayanan Publik yang juga Plt. Deputi Pengawasan dan Akuntabilitas KemenPAN-RB Wiharto dalam siaran pers yang diterima JPNN, Senin (18/3).

Menurutnya, KemenPAN-RB dalam pemeringkatan kinerja pelayanan publik Pemda itu  telah melakukan penilaian terhadap 33 pemerintah provinsi. Hasilnya, ada dua provinsi yang menempati peringkat tertinggi sehingga berhak untuk mendapat penghargaan berupa piala. Sedangkan delapan provinsi yang akan menerima penghargaan berupa piagam.

Penilaian itu dilakukan secara transparan dengan parameter yang diatur dalam Peraturan MenPAN-RB Nomor 66 Tahun 2012 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Pembina/Penanggung Jawab dan Pemeringkatan Kementerian/Lembaga, Pemprov, dan Pemkab/Pemkot dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Pemeringkatan pelayanan publik ini merupakan salah satu cara dalam pemantauan dan evaluasi kinerja pelayanan publik. “Hal itu merupakan amanat dari pasal 7 ayat (3) Undang UU 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,” ujarnya.

Wiharto menambahkan, pihaknya dalam memberikan penghargaan untuk  laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LHE AKIP) tahun ini juga melakukan penilaian terhadap semua kabupaten/kota. Hal itu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang belum menjangkau seluruh kabupaten/kota. (Esy/jpnn)