Dua Pelaku Kejahatan Dilumpuhkan

DITEMBAK -Dua terduga pelaku perampokan HP pelajar di objek wisata Curup Embun Desa Lagan Bungin, Kecamatan Semidang Lagan ditembak personel Kepolisian karena berusaha melarikan diri
Bakti/Bengkulu Ekspress
Dua terduga pelaku perampasan HP pelajar di objek wisata Curup Embun Desa Lagan Bungin, Kecamatan Semidang Lagan ditembak personel Kepolisian karena berusaha melarikan diri, Selasa (14/8/2018).

SEMIDANG LAGAN, Bengkulu Ekspress – Kinerja tim Opsnal Polres Bengkulu Utara (BU) bersama Unit Reskrim Polsek Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah patut diacungi jempol.

Dua orang pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) akhirya dilumpuhkan hanya dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. Keduanya adalah Ar (20) warga Kabupaten Kepahiang dan Ma (20) warga Muara Danau, Lintang Selatan.

Karena melakukan perlawanan, dua pelaku perampasan ini terpaksa dibuahi timah panas (ditembak,red) pada bagian kaki kanan.

“Karena berusaha melarikan diri, kedua pelaku curas terpaksa kami amankan,” jelas Kapolres Bengkulu Utara (BU), AKBP Ariefaldi Warganegara SH SIK MM, melalui Kapolsek Karang Tingggi, Fery Oktaviari Pratama SIK MH, Selasa (14/8).

Kronologis Penangkapan

Dijelaskan Kapolsek, kronologis penangkapan berawal dari laporan dua orang pelajar SMA Negeri di Kabupaten Benteng, yakni Dr dan HE warga Kecamatan Karang Tingi. Keduanya mengaku telah menjadi korban perampasan saat bertamasya di kawasan objek wisata air terjun Curup Embun di Desa Lagan Bungin, Kecamatan Semidang Lagan, Kabupaten Benteng, sekitar pukul 16.00 WIB, Minggu (12/8/2018) sore.

Dua remaja putri ini juga diancam dengan menggunakan senjata tajam (sajam) jenis pisau agar tidak berteriak meminta pertolongan.

“Dari tangan korban, kedua pelaku berhasil mengamankan 2 unit Handphon (HP),” jelas Kapolsek. Atas perbuatannya, terang Kapolsek, pelaku dikenakan pasal 368 KUHP dengan ancaman 9 tahun penjara.



Dikatakan Kapolsek, pelaku ditangkap pada hari Senin siang (13/8/2018) saat sedang bersembunyi di gubuk yang terpisah di kawasan Kecamatan Semidang Lagan. “Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk pergi ke tempat yang sepi, terlebih lagi saat sore ataupun malam hari. Kejahatan terjadi karena juga ada kesempatan” imbau Kapolsek.

Terpisah, pelaku Ar tak membantah telah melakukan perampokan HP. Dikatakan dia, aksi kejahatan terpaksa dilakukan lantaran tergiur dengan ajakan MA.  “Saya diajak MA untuk mencuri. Ini yang pertama kali dan berharap jadi terakhir kalinya,” demikian Ar.(135)