Dua Kecamatan Rawan Rabies

anjing_rabies
Foto : IST

ILIR TALO, Bengkulu Ekspress – Banyaknya hewan liar berkeliaran, membuat Ilir Talo dan Sukaraja, menjadi dua kecamatan di Kabupaten Seluma, rawan gigitan hewan liar berpenyakit rabies. Untuk itu, Dinas Pertanian (Distan) Bidang Peternakan hewan memastikan melakukan penyuntikan terhadap hewan liar berupa anjing, kucing dan kera/monyet dalam waktu dekat.



“Sekalipun belum ada ditemukan rabies, namun vaksin rabies tetap diberikan kepada hewan liar anjing, kucing dan kera tersebut,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Marah Halim SP MSi MAk kepada Bengkulu Ekspress kemarin (2/7).

Dibeberkan, minggu kedua bulan ini tim Distan diturun melakukan vaksin terhadap hewan liar milik warga. Tim peternakan hewan bersama sama melakukan vaksin. Untuk itu, dukungan seluruh pihak juga di harapkan. Pasalnya, beberapa waktu lalu tim sudah sampai di desa, namun hewan liar warga tidak ada satupun yang sudah dalam kondisi siap untuk disuntik. Tim sendiri yang menangkap dan menyuntik hewan ternak liar warga tersebut.

Memasuki semester kedua 2019 ini, vaksin rabies masih tersisa sebanyak 800 VAR. Sedangkan, pada 2018 masih bersisa 1000 VAR. “Kita minta bekerjsa sama dengan kades dan perangkatnya untuk mengumpulkan warga desa yang memiliki hewan ternak liar tersebut. Dengan harapan hewan tenak liar tersebut tidak dilepaskan terlebih dahulu dan bisa membawa ke lokasi penyuntikan vaksin,” jelasnya. (333)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*