Dua Kapal Perang AS Tabrakan saat Latihan

LOS ANGELES – Kapal penjelajah milik angkatan laut Amerika Serikat bertabrakan dengan kapal selam nuklir dalam sebuah latihan di lepas pantai Atlantik, Sabtu (14/10) siang waktu setempat. Dikutip dari BBC, insiden ini menyebabkan rusaknya beberapa perangkat sonar.

Beruntung tak ada yang terluka dalam insiden itu. Insiden itu melibatkan USS Aegis San Jacinto dan kapal selam kelas Montpelier, US Navy Los Angeles. Disebutkan, insiden yang jarang terjadi ini menyebabkan kubah sonar USS Aegis rusak.

Menurut sumber BBC, kru kapal San Jacinto sebenarnya melihat munculnya periskop milik kapal selam US Los Angeles sekitar 100-200 meter sebelum insiden tabrakan. Namun terlambat bagi USS Aegis untuk berbelok dan menghindari tabrakan.

Angkatan laut Amerika tengah menyelidiki penyebab insiden ini. “Peristiwa itu menyebabkan kubah sonar kapal runtuh,” ujar sumber US Navy.

Kubah sonar merupakan perangkat di haluan kapal yang berada di bawah permukaan air. Meski demikian kedua kapal masih bisa beroperasi setelah kejadian itu. (jpnn)