Dua Desa Belum Ajukan Pencairan DD


duit
foto : ist

TAIS, Bengkulu Ekspress – Terhitung pada pertengahan September ini. Dari 182 desa se-Kabupaten Seluma, ternyata masih ada dua desa belum menyampaikan usulan pencairan dana desa tahap kedua. Yaiu, Desa Padang Genting dan Desa Tangga Batu, Kecamatan Seluma Selatan.

Kepala BPKD Seluma Deddy Ramdhani SE M SE MA melalui Bendahara Novri Ardiansyah SE menyampaikan, kepada kedua desa tersebut. diminta segera menyampaikan usulan pencairan. Mengingat saat ini seharusnya telah mulai proses pengajuan pencairan tahap ketiga.”Dua desa ini belum mengajukan usulan pencairan, masih kita tunggu secepatnya,” tegasnya.

Novri menyatakan, tidak mengatahui permasalahan desa tersebut belum mengajukan pencairan tahap dua. Untuk diketahui, besaran DD tahap dua ini sebesar Rp 57 miliar yaitu 40 persen dari total besaran DD 100 persen. Total DD tahun ini sebesar Rp 143 miliar dengan masing-masing desa besaran DD dan ADD-nya mencapai Rp1 miliar lebih. Bagi desa yang belum menyelesaikan rekomendasi pencairan, agar dapat segera mengusulkan. Jika berkas persyaratan dinyatakan lengkap, maka akan langsung dikirim ke rekening desa masing-masing.

Disampaikan lagi, untuk saat ini, DD tahap ketiga belum masuk ke rekening daerah. Karena, memang belum memenuhi syarat untuk ditransfer dari RKN kek RKD. Jika syarat terpenuhi tentunya akan segera masuk ke kas daerah.

“Masih banyak desa yang belum menyampaikan laporan realisai tahap dua. Itu merupakan syarat untuk pencairan tahap ketiga. Kami minta agar desa segera menyampaikan laporan realisai,” jelas Novri.

Menurut Novri, hingga saat ini belum ada temuan permasalahan yang ada pada setiap desa. Mekanisme pencairan DD, tahap pertama 40 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 20 persen. Rata-rata setiap desa ini menerima besaran DD dan ADD mencapai Rp1 miliar. Mulai dari kegiatan fisik dan nonfisik seperti pemberdayaan dan pembinaan Karang Taruna. (333)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*