Dua Calon Panwascam Buat Surat Pernyataan

PanwasTAIS, BE– Setelah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi sebanyak 152 orang calon panwas kecamatan menjalani tes tertulis di SD N 16 tais. Hanya saja, dua diantaranya terpaksa membuat surat pernyataan lantaran tidak membawa tanda pengenal dan bukti lolos seleksi. Mereka adalah atas nama Zaiferdin dari kecamatan Semidang Alas (SA) dan Hartoyo dari kecamatan Seluma Barat.

“Mereka ini memang lolos administrasi namun mereka sendiri tidak membawa KTP dan bukti lolos dari administrasi sebagai peserta ujian tertulis kemarin(27/5),” sampai Anggota Panwaslu Divisi Pengawasan Iwan Setiawan SpdI.

Disampaikan, jika sebelumnya Panwascam Kab Seluma telah melaakukan koordinasi dengan panwas provinsi bengkulu. Sehingga diharuskan untuk membuat surat peryataan jika kedua peserta memang peserta tes tertulis dan telah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi beberapa saat lalu. Sehingga mereka pun diperkenankan untk melakukan ujian tertulis.

“Surat pernyataan mereka tetap diatas materai dan harus bisa mempertangung jawabkan. Hal ini dilakukan guna menghindari kekeliruan nantinya,” bebernya.

Terlepas dari itu, jika kemarin pukul 14.00 WIB sebanyak 152 calon panwascam mengikuti tes tertulis di SD N 16 Seluma. Pelaksanaan sendiri dilakukan dengan pengawasan panwaslu Provinsi Bengkulu teradap 5 ruang ujian. Bahkan soal dan lembaran jawaban didatangkan dari Provinsi Bengkulu dan dihadapan pesertapun diperlihatkan keaslian naskan ujian tertulis tersebut.

“Soal dan lembar jawaban akan diperiksa langsung oleh panwaslu Provinsi bengkulu dan langsung dikawal panwas kab,” bebernya.

Sedangkan pemeriksaan dilakukan selama satu hari kedepan. Sehingga tanggal 29 Mei dilakukan pengumuman 6 besar dari hasil tes di setiap kecamatan. Sedangkan tahapan terakhir dilakukan wawancara untuk memilih 3 orang disetiap kecamatan.

“Dari hasil tes ini akan diambil 6 orang dan wawancara akhir akan direngking untuk peringkat satu hingga tiga dilakukan dari tanggal 30 hingga 3 juni dan mereka ini lolos sebagai panwas cam,” singkatnya.(333)