Dua Calon Dekan Fisip Unib Paparkan Visi, Misi dan Program Kerja

BUDHI/BE
Calon Dekan Fakultas Ilmu Sosoal dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu memaparkan visi, misi dan program kerja, Sabtu (5/6).

BENGKULU, BE – Sesuai jadwal yang telah ditentukan Panitia Pemilihan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Bengkulu (UNIB) periode 2021-2025, Sabtu (5/6), masing-masing calon dekan melakukan pemaparan visi, misi dan program kerja dalam Rapat Senat Terbuka yang berlangsung di ruang rapat gedung FISIP UNIB, baik secara online atau secara tatap muka langsung.
Acara ini pun dibuka oleh Dekan FISIP UNIB, Dr Achmad Aminudin MSi.

“Acara ini adalah bagian dari sosialisasi visi, misi dan program kandidat bakal Calon Dekan FISIP yang baru. Semoga penyampaian visi dan misi dari dua calon dekan ini bisa membawa perubahan yang lebih baik lagi untuk FISIB UNIB ke depan,” ucap Achmad Aminudin.

Oleh sebab itulah, ia berharap penyampaian visi, misi dan program kerja dua kadidat dekan ini bisa menjadi masukan bagi para pemilik suara pemilihan nanti untuk menentukan siapa calon dekan dari dua putri terbaik yang dimiliki Bengkulu ini.

“Ini kesempatan yang terbaik bagi dua kadidat calon dekan, jadi saya harap sampaikan visi, misi dan program kerja dengan baik,” tuturnya.

Untuk diketahui, dua calon Dekan FISIP UNIB yaitu Dr Gushevinalti MSi dan Dr Yunilisiah MSi.
Dalam pemaparannya, Dr Gushevinalti menjelaskan, visinya mewujudkan FISIP menjadi fakultas berkemajuan. Untuk mencapai hal tersebut, ada tiga langkah dan misi yang harus dilakukan atau disusun untuk mendukung visi tersebut.

Pertama, isu sinergitas akademi dengan meningkatkan kualitas pembelajaran, atmosfer akademi dan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM)-nya.

Kedua, mengangkat isu terkait profesionalisme dan transparan yang bisa dicapai melalui pelaksanaan tata manajemen organisasi dan finasial yang transparan dan akuntabel.

Ketiga, koordinasi dan deligasi dengan penerapan prinsip komunikasi efektif dalam perencanaan dan pelaksaan program kerja demi kemajuan bersama.

“Pada suksesi ini saya siap kalah dan siap menang. Bila kalah saya tidak mau menyalahkan pihak manapun dan bila menang saya mohon dukungan dari semua pihak agar bisa menjalankan visi, misi dan program kerja saya dengan baik,” jelas Gushevinalti.

Ia juga mengatakan, dirinya akan memprioritaskan rekrutmen dosen, pengembangan karir untuk dosen dan tenaga pendidik (tendik), mendirikan klinik angka kredit, penyediaan bantuan studi lanjut S3 non-beasiswa untuk SPP dan dana penelitian dosen secara penuh, menjunjung tinggi kepatuhan terhadap peraturan kepegawaian, serta sertifikasi kompetensi untuk dosen dan tendik.

Selain itu, lanjutnya, jika nantinya ia dipercaya untuk menjabat Dekan FISIB UNIB 2021-2025, dirinya akan meningkatkan mutu pendidikan di FISIP dengan cara mencapai target akreditasi unggul prodi dan inisiasi akreditasi internasional, penerarapan MBKM dan adopsi teknologi pembelajaran.

“Saya juga sudah menjadwalkan untuk tahun 2021-2023 akan ada pertukaran dosen, pertukaran mahasiswa dan magang, penguatan sistem informasi pembelajaran serta mewujudkan pelayanan prima pada stakeholders melalui pengembangan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Dr Yunilisiah MSi menyampaikan visinya yaitu mewujudkan budaya akademik yang berkualitas dan berkeadilan menuju FISIP maju serta sejahtera bersama civitas akademika.

Sedangkan untuk misinya, Yunilisiah ingin menumbuh-kembangkan budaya akademik yang kondusif di lingkungan FISIP, meningkatkan kapasitas dan kualitas dosen serta tenaga pendidik dilingkungan FISIP, menciptakan sistem kepegawaian yang inklusif, menciptakan tata kelola di FISIP UNIB yang transparan, akuntabel dan komunikatif serta mendorong civitas akademika untuk menghasilkan riset dan keilmuan ilmiah.

“Ini visi dan misi saya jika diberi kepercayaan untuk menjabat sebagai Dekan FISIP UNIB periode 2021-2025 nantinya,” tuturnya.

Ia juga mengatakan akan menjalankan program kerja yang sudah ditetapkan yakni menyangkut capaian tridharma, pengabdian terhadap masyarakat, penelitian, pendidikan, keuangan, sarana dan prasarana, meningkatkan sumber daya manusia (SDM), meningkatkan kualitas mahasiswa serta mewujudkan tata pamong, tata kelola dan kerjasama.

“Saya juga akan mewujudkan suasana kearifan keseluruhan dan kepedulian di lingkungan fakultas dan menjadikan fakultas sebagai rumah bersama nan nyaman bagi seluruh stakeholder,” paparnya.

Berdasarkan data yang terhimpun BE, pemungutan suara pemilihan Dekan FISIP UNIB periode 2021 – 2025 akan dilaksanakan dalam rapat senat tertutup yang dijadwalkan Selasa, 8 Juni 2021 mendatang. (529)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*