Dua Bapaslon Perbaiki Dokumen ke KPU Rejang Lebong

Ary/BE
Lo Bapaslon saat menyerahkan dukumen perbaikan persyaratan calon ke KPU Rejang Lebong, Senin (14/9).

CURUP, bengkuluekspress.com– Dihari pertama perbaikan dukumen persyaratan calon Senin (14/9). Dua orang Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) telah menyerahkan dokumen perbaikan persyaratan calon ke KPU Rejang Lebong.
“Sesuai tahapan hari ini sampai tanggal 16 September merupakan perbaikan dukumen persyaratan calon, dan hari ini sudah dua Bapaslon yang telah menyerahkan dokumen perbaikan,” terang Komisioner KPU Rejang Lebong, Visco Putra Alexander SIP MSi saat dikonfirmasiS enin (14/9).

Dua Bapaslon yang telah menyerahkan berkas dokumen perbaikan persyaratan calon adalah Pasangan Susilawati-Ruswan (SR) dan pasangan Faisal-Fatrol (FF). Dijelaskan Visco untuk pasangan SR perbaikan dokumen persyaratan calon yang mereka serahkan adalah surat keterangan tidak dalam keadaan pailit yang dikeluarkan oleh Pengadilan Niaga Medan. Sedangkan untuk pasangan FF perbaikan yang diserahkan adalah ijazah S1 dari Faisal yang sebelumnya belum dilegalisir. Karena menurut Visco saat pendaftaran beberapa waktu lalu ijazah S1 yang diserahkan adalah hasil scan, kemudian KPU Rejang Lebong meminta dilakukan perbaikan dengan meminta ijazah yang telah dilegalisir.
“Dengan telah dilakukan perbaian, kemudian kedua Bapaslon ini kita nyatakan persyaratan pencalonnannya sudah memenuhi syarat atau lengkap,” tambah Visco.

Kemudian untuk dua Bapaslon lagi yaitu pasangan Syamsul Efendi-Hendra Wahyudiansyah (SAHE) dan pasangan M Fikri Thobari-Tarsisius Samuji (FIS) masih mereka tunggu hinggi tanggal 16 September. Karena menurut Visco dari empat pasangan yang mendaftar ke KPU Rejang Lebong tersebut semua persyaratan calon dinyatakan belum memenuhi syarat.

Untuk pasangan SAHE persyaratan calon yang kurang adalah surat keterangan tidak dalam keadaan pailit dan tidak memiliki hutang yang juga dikeluarkan oleh Pengadilan Niaga Medan, sedangkan untuk pasangan FIS, persyaratan calon yang kurang adalah surat hasil pemeriksaan kesehatan dari Bakal Calon Wakil Bupati Tarsisius Samuji. Hal tersebut karena saat dilakukan tes kesehatan Samuji berhalangan hadir.
“Setelah proses perbaikan ini, tahapan selanjutnya sebelum penetapan calon, kita akan melakukan verifikasi terkait keabsahan berkas perbaikan yang diserahkan masing-masing Bapaslon yang akan kita laksanakan dari tanggal 16 sampai 22 September,” demikian Visco.(251)