Dua Balai Benih Ikan Direhab

Foto:ist

CURUP, Bengkulu Ekspress- Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong kembali merehab dua Balai Benih Ikan yang ada di Rejang Lebong. Dua Balai Benih yang direhab tersebut yaitu BBI Belumai dan BBI Babakan Baru. “Tahun ini ada dua Balai Benih Ikan yang akan kita perbaiki, yaitu BBI Belumai dan BBI Babakan Baru,” sampai Plt Kepala Bidang Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, Aryanto Senin (14/1) kemarin.

Dijelaskan Aryanto, perbaikan yang dilakukan yaitu rehab kolam dan rehab saluran siring. Untuk BBI Belumai dana yang disiapkan untuk rehab siring sebesar Rp 84 juta, dimana menurutnya siring yang diperbaiki tersebut adalah siring utama yang jebol beberapa waktu lalu.

“Saluran siring yang kita perbaiki, adalah saluran induk yang jebol sehingga airnya banyak ke sawah warga,” jelas Aryanto.

Kemudian untuk perbaikan kolam sendiri, menurut Aryanto ada tiga kolam yang diperbaiki. Kolam yang diperbaiki tersebut adalah kolam yang beberapa waktu lalu diterjang banjir bandang. Anggaran yang disiapkan untuk memperbaiki tiga kolam tersebut sebesar Rp 198 juta lebih.

“Kerusakan kolamnya cukup parah, bahkan ada sisi kolam yang roboh karena diterjang banjir bandang beberapa waktu lalu,” sampainya.

Sementara itu, BBI Babakan Baru perbaikan siring yang dilakukan juga rehab siring, karena siring induk di BBI Babakan Baru sudah banyak yang bocor, anggaran untuk perbaikan siring tersebut sebesar Rp 36 juta. “Kalau untuk perbaikan kolam anggarann yang kita siapkan sebesar Rp 75 juta,” paparnya. Perbaikan yang dilakukan terhadap dua BBI milik Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tersebut diharapkan bisa meningkatkan produktifitas benih ikan tawar di Kabupaten Rejang Lebong. Dimana benih yang dihasilak oleh BBI nantinya selain untuk menunjang kebutuhan para peternak ikan juga untuk mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong yaitu bibit gratis.(251)