Drumband Meriahkan HUT Kota

Sekda Kota Bengkulu, Marjon MPd membuka Defile Drumband di halaman kantor Walikota Bengkulu, kemarin (13/3).
Sekda Kota Bengkulu, Marjon MPd membuka Defile Drumband di halaman kantor Walikota Bengkulu, kemarin (13/3).


BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar defile drumband tingkat pelajar SD dan SMP. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Bengkulu ke-299.

Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, Marjon MPd menyampaikan, defile ini sebagai ajang motivasi agar sekolah yang belum memiliki drumband bisa membuat korps. Untuk sekolah yang sudah memiliki drumband bisa terus meningkatkan kekompakan dan prestasinya.

“Ke depan semoga akan lebih banyak sekolah yang mengikuti defile ini,” kata Marjon, saat membuka acara di Halaman Kantor Walikota, kemarin (13/3).

Selain itu, melalui event ini juga bisa meningkatkan kreatifitas sekolah dalam mengemas pertunjukan drumband, karena untuk menciptakan penampilan yang menarik maka diperlukan strategi seperti kreasi koreografi atau gerakan, aransement lagu yang dibawa, serta kostum untuk menambah kemeriahan dan kekompakan dalam drumband tersebut. Maka untuk menjadikan drumband Kota Bengkulu lebih baik, tentu sangat diperlukan adanya ajang/perlombaan agar bisa meningkatkan kualitas tersebut.

“Ini juga ajang persandingan dan membandingkan masing-masing sekolah. Pelatih bisa melihat langsung penampilan-penampilan dari sekolah lain, setidaknya bisa mendapatkan inspirasi yang terus diperbaharui,” jelasnya.

Menurutnya, kesempatan dalam rangka HUT kota ini, harus diikuti secara serius, karena akan ada penilaian dari pemerintah secara tersendiri untuk melihat kemajuan drumband di setiap sekolah. Jika menampilkan pertunjukkan yang menarik dan sempurna tentu akan dipakai untuk perwakilan disetiap acara-acara resmi pemerintah atau bisa mengikuti perlombaan di tingkat daerah maupun nasional.

Ketua Panitia Defile Drumband, Damri menerangkan bahwa dalam kegiatan ini ada 8 sekolah yang mengikuti parade ini, yakni 5 sekolah tingkat SMP dan 3 sekolah tingkat SD. Untuk
tingkat SMP antara lain SMPN 1, SMPN 2, SMPN 4, SMPN 5 dan MTsN. Sementara tingkat SD ada SDN 5, MIN 1 dan MIN 2.

“Defile ini adalah parade yang menampilkan korps drumband secara bergantian. Untuk saling unjuk kemampuan masing-masing sekolah dalam satu rangkaian,” ungkapnya. (805)