Drogba Latihan Bersama Chelsea

DIDIERĀ Drogba kembali ke Chelsea? Ini bukan rumor sembarangan. Striker asal Pantai Gading itu sudah mendatangi Cobham, markas latihan Chelsea, kemarin. Dia segera berlatih bersama dengan John Terry dkk di bawah arahan Roberto Di Matteo.
Kebetulan, saat ini, striker andalan Chelsea Fernando Torres kurang mantap performanya. Hingga pekan ke-11, dia baru mencetak empat gol di Premier League. Jumlah yang sama banyak dengan gelandang Juan Mata dan hanya lebih banyak satu gol dari bek Branislav Ivanovic.

Sudah empat pertandingan Premier League dilewati El Nino, julukan Torres, tanpa menjebol gawang lawan. Tentu saja situasi itu membuat kedatangan Drogba ke Cobham menghadirkan banyak spekulasi. Apakah dia kembali menggantikan Torres?

Ternyata tidak. Drogba datang hanya untuk berlatih bersama mantan rekan-rekannya demi persiapan menuju Piala Afrika 2013 nanti. Saat itu, kompetisi di Tiongkok sudah berakhir dan menjalani liburan. Padahal, dia butuh berada dalam kondisi fit.

“Pertama saya harus meminta izin dari klub saya dan kemudian Chelsea. Bila semua orang setuju maka saya akan berlatih. Saya harus bersiap untuk Piala Afrika,” jelas Drogba kepada France Football, seperti dikutip Telegraph.

Drogba tidak mau persiapannya menuju Piala Afrika 2013 kurang mantap. Piala Afrika 2013 akan berlangsung di Afrika Selatan pada 19 Januari-10 Februari. “Piala Afrika kali ini, tanpa diragukan lagi adalah Piala Afrika terakhir saya,” katanya.

Namun, dia menyatakan tidak akan pensiun setelah Piala Afrika 2013, karena masih punya satu target lain, yakni Piala Dunia 2014. “Saya pastikan, bila kami lolos ke Piala Dunia 2014, maka itu akan menjadi momen indah mengucapkan selamat tinggal,” jelas pemain Shanghai Shenhua itu.

Dengan usianya yang sudah mencapai 34 tahun, Drogba menyadari, sulit baginya untuk terus memaksakan diri bermain dalam kompetisi yang ketat. Atas alasan itulah dia memutuskan pindah ke kompetisi Tiongkok ketimbang bertahan di Eropa.

Padahal, masih ada tawaran dari beberapa klub di Eropa, terutama dari Prancis. Bekas klubnya Olympique Marseille secara terbuka telah menyatakan ketertarikannya menggaet kembali Drogba yang pernah membela klub itu pada 2003-2004.

Tawaran lain juga datang dari Major League Soccer (MLS). Beberapa klub Amerika Serikat (AS) yang belakang terus mendatangkan bintang dari Eropa terpikat kepada Drogba. Ternyata, Drogba memilik berreuni dengan Nicolas Anelka di Shenhua.(ham)