Dramatis, Valencia Kalahkan Deportivo 3-2

valencia-deportivoGol Ricardo Costa di masa injury time mempersembahkan kemenangan dramatis 3-2 untuk Valencia saat bertandang ke markas Deportivo La Coruna dalam lanjutan Primera Liga Spanyol di Estadio Municipal de Riazor, Ahad (27/1) dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini, Valencia naik ke peringkat kelima dengan raihan 33 poin. Mereka hanya selisih dua angka dari Real Betis di atasnya, meski unggul satu pertandingan di tangan. Sementara Deportivo masih terbenam di dasar klasemen dengan hanya mengumpulkan 16 poin.

Los Che, julukan Valencia, lebih mendominasi permainan dalam pertandingan itu. Mereka langsung unggul cepat di menit kedua setelah Jonas sukses memanfaatkan kesalahan pertahanan tuan rumah dalam melakukan marking atas sepak pojok Pablo Piatti.

Pizzi nyaris mempersembahkan gol penyama kedudukan pada menit ke-17 andai tidak digagalkan Diego Alves. Dua menit berselang, peluang kembali didapatkan Deportivo lewat Bruno Gama, namun juga kembali diggaalkan Alves.

Jonas nyaris mencetak gol lagi pada menit ke-22 usai menerima passing cantik dari Nelson Valdez. Dua menit berselang, kiper Deportivo melakukan penyelamatan gemilang atas usaha Haedo Valdes.

Riki akhirnya mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-32 usai memanfaatkan peluang dari tendangan bebas Pizzi. Saat pertandingan babak pertama akan berakhir, Riki kembali membawa tuan rumah balik unggul. Sang striker berhasil menaklukkan Alves dan menceploskan bola dari jarak dekat.

Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-51, Viera nyaris mencetak gol andai sepakan pemain yang baru itu tidak digagalkan Aranzuba. Dua menit berselang, Silvio Pereira mendapat kartu kuning kedua alias kartu merah akibat melakukan pelanggaran leat terhadap pergerakan Piatti.

Unggul jumlah pemain akhirnya bisa dimanfatakan oleh Valencia untuk menyamakan kedudukan. Pada menit ke-63, Valdez sukses memaksimalkan umpan crossing Bernat. Dan, di masa injury time, Costa tampil sebagai pahlawan. Memanfaatkan umpan crossing Guardado, ia sukses menceploskan bola sekaligus mempersembahkan kemenangan tandang untuk Valencia.(**)