Drainase Jadi Tempat Sampah

IMG_1972CURUP, BE – Sejumlah drainase di Curup kini mulai beralih fungsi menjadi tempat pembuangan sampah.  Kondisi itu membuat saluran pembuangan air menjadi tersumbat, sehingga tidak jarang saat hujan deras turun air meluap dari drainase dan membanjiri jalan.
“Kami terpaksa membersihkan sampah yang menyumbat di saluran drainase, karena air sudah meluap ke jalan,” ungkap Safrizal (45) warga Kelurahan Talang Ulu Curup Timur.

Pantauan wartawan Senin (24/12), Safrizal bersama beberapa warga, secara bergotong royong membongkar tutup drainase di Jalan A Yani Kelurahan Talang Ulu, karena dreinase yang tidal lagi berfungsi karena dipenuhi sampah. “Drainase sudah mendangkal, akibat sampah yang dibuang terlalu banyak di saluran drainase,” ungkap Safrizal.

Drainase yang dipenuhi sampah, juga membuat jalan Desa Air Meles Bawah Kecamatan Curup Timur dipenuhi sampah yang keluar dari drainase saat hujan turun.  Cecep (34) warga setempat menuturkan, drainase sebagai saluran air di desa tersebut sudah dipenuhi sampah bahkan rumput lebat yang menutupi drainase. “Drainase ini memang tidak pernah dibersihkan, sehingga wajar jika saat hujan turun air meluap ke jalan bersama sampah,” kata Cecep.

Pantauan wartawan, simpang empat lampu merah Jalan Merdeka Curup Kelurahan Pasar Tengah juga menjadi langganan banjir saat hujan. Sampah menyumbat drainase sehingga air hujan meluap ke jalan. Kondisi yang sama juga terlihat di jalan AK Gani Kelurahan Dusun Curup.  Hingga kemarin, belum ada tindakan dinas intansi terkait, untuk mengatasi banjir akibat sampah tersebut. (999)