Dr Yanto Terpilih Jadi Ketua Jogja Nusantara

IST/Bengkulu Ekspress
Dr Yanto SH MH (tengah) didampingi rekannya.

Siap Mempersatukan Warga Jogja di Indonesia

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Dr Yanto SH MH terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Jogja Nusantara Periode 2019-2024. Pemilihan berlangsung di Universitas Negeri Jogjakarta pada 21 September 2019 lalu.

Dengan terpilihnya sebagai Ketua Jogja Nusantara, Ia akan mempersatukan seluruh masyarakat Jogjakarta yang ada diseluruh wilayah Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan terus menjalin silahturahmi antar masyarakat Jogja.”Saya akan berusaha mengemban amanah ini dengan baik dan akan mempersatukan seluruh warga Jogja yang ada di Indonesia,” kata Yanto, Senin (23/9).

Ia menjelaskan, Jogja Nusantara merupakan sebuah paguyuban bagi seluruh masyarakat Yogjakarta yang berada di Perantauan. Seluruh masyarakat tersebut diikat menjadi satu kesatuan agar bisa hidup rukun dan tentram dimanapun berada.



“Jogja Nusantara ini adalah paguyuban bagi masyarakat Jogja yang ada diperantauan baik itu di Bengkulu, Lampung, Surabaya, Bandung, Kalimantan, dan seluruh Provinsi di Indonesia,” ujar Yanto.

Tidak hanya menyatukan seluruh masyarakat Jogja, dirinya juga aktif mempersatukan hubungan antar masyarakat Jawa yang ada di Bengkulu. Hal ini mengingat, beliau juga merupakan Ketua Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB). Bahkan beliau juga adalah Ketua Alumni Universitas Jaya Baya Jakarta dan Janabadra Yogjakarta.

“Saya memang aktif disetiap aktivitas masyarakat Jawa, harapannya semua masyarakat Jawa baik yang ada di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan seluruh wilayah Indonesia bisa terus terjalin hubungannya dengan baik,” ujarnya.

Selain aktif disetiap kegiatan perkumpulan masyarakat Jawa, Ia juga sangat mengapresiasi kebudayaan Jawa baik seni ketoprak maupun wayang kulit. Bahkan, Ia sering mendalangi setiap Pagelaran Wayang Kulit di Indonesia. Selain itu, Ketua PN Jakarta Pusat ini juga merupakan Dosen tetap di Pasca Sarjana di beberapa Universitas terkenal di Indonesia diantaranya Universitas Jayabaya, Universitas Jayabadra, dan Universitas Nasional.(999)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*