DPT Pilkades Belum Fina

Foto: IST

CURUP, bengkuluekspress.com  – Menjelang pelaksanaan Pilkades serentak 2020 di Kabupaten Rejang Lebong pada 20 Februari mendatang. Hingga saat ini Daftar Pemilih Tetap untuk 56 desa yang melaksanakan Pilkades belum lengkap. Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat, Sosial Budaya dan Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rejang Lebong, Bobby Harpa Santana SSTP MSi mengungkapkan hingga kemarin masih banyak kecamatan belum menyerahkan DPT Pilkades 2020 ke Dinas PMD Kabupaten Rejang Lebong.

“Hingga saat ini (kemarin) baru ada sekitar 5 kecamatan yang sudah menyerahkan DPT,” terang Bobby.

Meskipun hingga kemarin masih banyak kecamatan yang belum menyerahkan DPT Pilkades, Bobby berharap agar kecamatan-kecamatan yang belum menyerahkan DPT Pilkades untuk sesegera mungkin menyelesaikan masalah DPT Pilkades tersebut, karena Dinas PMD Kabupaten Rejang Lebong menargetkan pada 26 Januari ini seluruh DPT Pilkades sudah diselesai. Sehingga menurut Bobby, bila tanggal 26 Januari DPT tersebut sudah selesai maka tidak mengganggu tahapan Pilkades lainnya. “Kita minta tanggal 26 nanti seluruh DPT Pilkades sudah selesai, sehingga tidak menganggu tahapan lainnya.

Bobby mengaku, penyiapan DPT Pilkades ini memang membutuhkan kesiapan yang matang. Dimana menurutnya dalam menyusun DPT disetiap des ayang melaksanakan Pilkades, masing-masing desa dan kecamatan berpatokan dengan DPT Pemilu 2019 lalu. Setelah dilakukan perbaikan ditingkat desa, kemudian DPT tersebut dilakukan pengkajian oleh panitia ditingkat kecamatan. “Data DPT ini dikaji oleh panitia kecamatan, terutama terkait dengan perubahan dari dasar DPT Pemilu lalu, apakah ada penambahan atau pengurangan, bila ada penambangan dan pengurangan tentunya akan dicermati dulu oleh pihak kecamatan,” paparnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, selain DPT yang harus selesai pada tanggal 26 Januari ini, Dinas PMD Kabupaten Rejang Lebong juga meminta agar seluruh kecamatan untuk menyelesaikan penetapan dan pengundian nomor urut calon kepala desa. Karena menurut Bobby saat ini juga sudah masuk dalam tahapan penetapan dan pengundian nomor urut calon Kades. Bahkan menurutnya ada beberapa desa yang telah melakukan pengundian. “Bila tanggal 26 ini baik DPT maupun nomor urut calon Kades sudah selesai, maka kita bisa langsung menyiapkan logistik Pilkades seperti surat suara,” demikian Bobby.(251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*