DPT Pilgub di Kota Bengkulu 244.507 Jiwa, Tidak Terdata Bisa Gunakan KTP

FOTO IMAN/ BE – Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2020 yang digelar di Hotel Santika, Rabu (14/10).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Komisi Pemilihan umum (KPU) Kota Bengkulu resmi memfinalkan perhitungan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sebanyak 244.507 warga ditetapkan oleh KPU Kota Bengkulu sebagai DPT dalam Pilkada Gubernur Bengkulu tanggal 9 Desember mendatang yang disahkan dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan dan Penetapan DPT Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2020 yang digelar di Hotel Santika, Rabu (14/10).

Ketua KPU Kota Bengkulu, Martawansyah mengatakan, jumlah 244.507 mata pilih tersebut berhak menggunakan hak pilihnya pada pemilu Desember mendatang. Namun bagi warga kota yang belum terdata, tetap bisa memilih saat hari pemilihan dengan membawa KTP asli ke TPS setempat.

“Hari ini selesai kita tetapkan DPT berjumlah 244.507 pemilih. Ini sudah final untuk DPT yang akan mengunakan hak suara pada pilgub bulan Desember nanti. Tapi, bagi masyarakat yang belum terdata tetap bisa memilih dengan membawa KTP asli yang berdomisili di Kota Bengkulu. Pemilih kategori ini masuk ke dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK). ” ungkap Ketua KPU Kota Bengkulu, Martawansyah.

Ia menambahkan, berdasarkan jumlah tersebut terjadi pengurangan dari jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang pada pemilu sebelumnya yang berjumlah berjumlah 245.921 pemilih.

“Jadi ada pengurangan sekitar 1.400 pemilih dari DPS yang sebelumnya ditetapkan. Pengurangan ini artinya setelah kita tetapkan DPS sebelumnya kan ada masa uji publik, dan ditemukan pemilih ganda, yang meninggal dan yang lainnya kita tindaklanjuti sehingga ada pengurangan sekitar 1.400 pemilih,” tambahnya.

Dari 244.507 jumlah pemilih tersebut, dirincikan 120.749 pemilih laki-laki dan 123.750 pemilih perempuan yang tersebar pada 9 kecamatan dan 67 kelurahan dengan total 791 TPS se-Kota Bengkulu. Ia berharap pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu 2020 ini dapat sukses dan mengahasilkan kompetisi yang bersih. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*