DPT Capai 140.007 Jiwa

dpt
Foto : IST

TAIS, Bengkulu Ekspress– Pada Selasa, (21/8) lalu, Komisi pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma, telah menetapkan jumlah daftar pemilih tetap(DPT) pemilu 2019. Dengan jumlah DPT mencapai 140.007 jiwa. Jumlah ini mengalami pengurangan dari 140.088 jiwa. Setelah setiap PPK (Panitia Pemungutan Kecamatan) melakukan pemutakhiran data beberapa waktu lalu.

“Setelah dilakukan pemutakhirtan dan melalui pleno terbuka sehingga di tetapkanlah jumlah DPT di Seluma 140007,”tegas Ketua KPU Seluma, Sarjan effendi SE kepada Bengkulu Ekspress.

Dijelaskan, penguranagn dari jumlah DPSHP sebelumnya berjumlah 140088, namun setelah PPK seluruh melakukan pencoklitan maka didapatilah pengurangan. Pengurangan ini juga terjadi karena tidak sesuai dengan nama, telah meninggal dunia dan pindah tempat tinggal termasuk ganda nama pemilih. “Ini berdasarkan turunan PKPU dan UU 7 tahun 2017 tentang pemilu,” ujarnya.

Menurutnya, data ini sudah sangat valid, dan telah dipelajari bersama sehingga tidak ada lagi kesalahan, lanjutnya terjadi penurunan pemilih dikarenakan beberapa faktor yang lumrah, Seperti meninggal dunia, pindah domisili dan belum cukup umur.



“Data ini sudah dipastikan valid, dan kalau terjadi penurunan angka pemilih ini, dikarenakan adanya beberapa faktor, seperti meninggal dunia, pindah domisili dan lainnya,” ucapnya

Hal ini juga disampaikan oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma, yang mengatakan bahwa setelah dilakukan pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap, jumlah pemilih Kabupaten Seluma Berkurang dari DPSHP awal.(333)