DPS Bengkulu Utara 202.311 Pemilih

APRIZAL/BE
Penandatangan berita acara hasil DPHP dan DPS di BU.

ARGA MAKMUR, bengkuluekspress.com – Dari hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Utara (BU), yaitu sebanyak 202.311 DPS pemilih yang terdiri dari 102.747 laki-laki dan 99.564 perempuan.
Hal tersebut disampaikan langsung oleh Komisioner KPU BU Divisi Perencanaan dan Data, Bejo SPt.
“Ya, dari hasil rapat pleno yang dilakukan pada (11/9) lalur jumlah DPS di Kabupaten BU berjumlah 202.311,” kata Bejo.

Bejo menambahkan, jumalah DPS ini mengalami penurunan sebanyak 4.747 pemilih dari Pileg. Penyebabnya seperti perpindahan penduduk, kematian dan alih status.
“Pengurangan atau pergeseran ini, disebabkan dengan adanya pengurangan TPS, ini yang menjadi dampak paling utama, sehingga banyak pemilih yang tidak memenuhi syarat atau TMS,” terangnya.

Lebih lanjut, Bejo menerangkan, untuk jumlah ini masih bisa berubah. Karena masih ada tahapan selanjutnya masa perbaikan untuk ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap. Dimana tanggal 18 hingga 28 September akan ada tahapan tanggapan masyaralt dan uji publik, serta di tanggal 29 September dilanjutkan tahapan perbaikan dan akan dilanjutkan dengan tahapan penetapan DPT.
“Jumlah ini masih bisa berubah, masyarakat diharapkan dapat mencermati bersama data-data pemilih ini,” tandasnya.(127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*