DPRD Mukomuko Terbitkan Rekomendasi untuk Eksekutif

ilusterasi

MUKOMUKO,bengkuluekspress.com – DPRD Mukomuko telah menerbitkan rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) kepala daerah Kabupaten Mukomuko tahun 2020. Rekeomandasi yang ditujukan ke Pemkab Mukomuko diantaranya meminta agar eksekutif lebih terukur dalam memasang target pendapatan. Termasuk dengan sumber pendapatan.”Terkait dengan realisasi pendapatan jauh dibawah target. Ini dampak dari target pendapatan yang tidak erukur, akan mengganggu target terhadap pembangunan daerah. Untuk apa ada dibuat target, sedangkan realisasinya nihil. Buat target sesuai dengan potensi, tanpa mengabaikan pendapatan harus meningkat,” ini disamapikan kata Wakil Ketua I DPRD Mukomuko, Nursalim didampingi Wakil Ketua Pansus LKPj, Mustadin.

Selain itu, pemkab juga diminta kembali menata kebijakan penempatan guru. Sebab Mukomuko diklaim masih kurang akan kebutuhan guru. Sementara, didapati, ada beberapa sekolah, terjadi penumpukan guru. Padahal, ada sekolah yang ternyata kekurangan guru. DPRD berharap Pemkab berani membuat target capaian pendidikan, yang melibatkan masyarakat. Agar keberhasilan pendidikan terukur. Serta meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana, di sekolah dengan memenuhi prinsip keadilan. Tidak hanya itu, lanjut Nursalim, DPRD juga merekomendasikan pemanfaatan fasilitas kesehatan yang sudah dibangun. Terutama di kecamatan dan desa-desa. Karena didapati, banyak fasilitas Poskesdes dan Pustu yang tidak dimanfaatkan. “Di RSUD Mukomuko pelayanan harus ditingkatkan, agar masyarakat yang berurusan terlayani dengan baik dan tidak berbelit-belit,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Mukomuko, Sapuan mengaku akan berupaya lebih maksimal dalam melakukan strategi peningkatan pendapatan daerah, khususnya pada sektor pendapatan asli daerah (PAD). Dengan melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah. “Masih banyak hal yang harus kita benahi dan kerjakan secara bersama,” katanya. Bupati berharap dan mengajak seluruh elemen masyarakat, unsur pimpinan dan anggota DPRD, FKPD dan insan pers bersama-sama berjuang untuk mensukseskan pembangunan. “Mari bersama-sama berjuang bersama dan bekerjasama dalam menyukseskan pembangunan daerah di berbagai bidang. Menuju perubahan kabupaten Mukomuko yang lebih baik,” ungkapnya. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*