DPRD Kota Gelar Paripurna Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden

DPRD Kota Gelar Paripurna Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden

BENGKULU, bengkuluekspress.com – DPRD Kota Bengkulu menggelar paripurna dalam rangka Dirgahayu Indonesia ke 76 di DPR RI diikuti oleh seluruh DPRD se-Indonesia secara virtual, Senin (16/08). Selain itu, kegiatan tersebut dilanjutkan mendengarkan pidato Presiden RI Joko Widodo dalam rangka peringatan ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021. Paripurna tersebut turut dihadiri Walikota dan Wakil Walikota serta Forkompimda di Kota Bengkulu.

Helmi Hasan saat diwawancarai seusai paripurna menjelaskan sesuai tema pada peringatan HUT RI ke 76 tahun 2021 ini adalah Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Menurutnya hal tersebut bisa terwujud bila semua pihak selalu menjaga kesatuan dan persatuan dan saling membantu.

“Kita sudah sama-sama menyimak pidato Presiden kita bagaimana Indonesia ini tangguh dan tumbuh. Kuncinya adalah persatuan dan kesatuan. Dalam pandemi ini dengan persatuan dan kesatuan mudah-mudahan bisa kita lalui. Seperti di Kota Bengkulu, yang tadinya level 4 sekarang sudah turun karena ada persatuan, kerjasama dan kolaborasi antara pemerintah dengan masyarakat,” ungkap Helmi.

Helmi juga menanggapi janji Presiden RI bahwa pemerintah pusat akan menambah segala macam bentuk bantuan sosial di tengah pandemi seperti BLT, subsidi listrik, bantuan UMKM, kuota gratis untuk dunia pendidikan dan lainnya. Menurutnya, Pemkot tentu saja selalu mensinkronkan yang sudah menjadi kebijakan pusat, termasuk terkait soal bantuan sosial.

“Pemerintah Insya Allah akan membantu masyarakat. Ketika ada persoalan masyarakat mengeluh tidak dapat bantuan sosial PKH padahal dia mengaku tidak mampu, tidak usah ribut. Kita akan buat pendampingan dari PKH itu untuk program pemerintah kota namanya PKHD. Jadi program-program pemerintah pusat itu tidak mungkin bisa sempurna. Maka disitulah ada peranan pemkot Bengkulu, bagi masyarakat yang belum tersentuh bantuan dari pusat maka itu menjadi bagian dari tugas pemkot,” jelas Helmi.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bengkulu Suprianto mengatakan sesuai dengan tema kemerdekaan tahun ini, kekompakan dalam menghadapi masalah bersama adalah jalan yang terbaik. Apalagi di masa pandemi ini, kolaborasi antara eksekutif dan legislatif sangat diperlukan untuk tetap bangkit dari keterpurukan akibat dampak pandemi Covid-19.

“Kita harus tetap jaga kekompakan, bersatu padu, mudah-mudahan Kota Bengkulu bisa lebih baik dan bangkit,” tutup Suprianto. (Imn)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*