DPRD Kepahiang Jadi Acuan Dewan Daerah Lain

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com – DPRD Kabupaten Kepahiang sudah menjadi acuan atau rujukan bagi legislatif dari luar Provinsi Bengkulu dalam penyusunan APBD. Seperti Selasa (24/11), rombongan Anggota DPRD Kabupaten Sorolangun Provinsi Jambi berkunjung ke ruang kerja komisi II DPRD Kepahiang, guna koordinasi dan konsultasi terkait penyusunan APBD Sorolangun.
Rombongan anggota legislatif Sarolangun ini dipimpin langsung M Fadlan Arafiqi SE MH yang menjabat Ketua Komisi III DPRD Sorolangun.
“Saat ini kami hampir menyelesaikan pembahasan sedikit terkendala, karena ada penurunan PAD yang signifikan imbas Covid-19, maka kami ke sini ingin mengetahui proses seperti apa,” ungkap M Fadlan.

Keinginan para wakil rakyat Sorolangun itu langsung disambut jajaran petinggi DPRD Kepahiang, diantaranya Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Kepahiang, Andrian Defandra MSi dengan menjelaskan proses pengesahan dan penetapan Raperda APBD Tahun 2021 Kabupaten Kepahiang sudah dilaksanakan pada rapat paripurna 17 November yang lalu dan saat ini masuk pada tahap evaluasi Gubernur Bengkulu.
“Kami di badan anggaran sudah mengingatkan melalui TAPD untuk fokus terhadap peningkatan PAD ini, agar apa yang sudah kita sepakati dan tetapkan bersama ini dapat dicapai,” jelas Andrian.

Ditambahkannya, terkait program dan kegiatan sebagai sumber dalam peningkatan PAD pada APBD 2021 Kabupaten Kepahiang sudah dianggarakan Rp 20 miliar untuk pembangunan Waterpark di tengah perkebunan teh Kabawetan dan menjadi salah satu fokus pengembangan pariwisata yang diyakini dapat menjadi salah satu sumber dalam peningkatan PAD.
“Pembahasan hingga pengesahan Raperda APBD Kabupaten Kepahiang tahun 2021 sudah kita lakukan dengan maksimal dan tetap berpedoman pada Permendagri 64 tahun 2020 tentang penyusunan APBD tahun 2021,” tutupnya. (320)