DPRD BS Ada 7 Fraksi


Aswan SH

KOTA MANNA, BE – Sekretaris DPRD Bengkulu Selatan (BS),Aswan SH mengatakan, DPRD BS periode 2029-2024 terdiri dari 7 fraksi.Jumlah tersebut sama dengan DPRD BS periode 2014-2019.“ DPRD BS terdiri 7 fraksi, pengesahannya melalui rapat paripurna intern DPRD BS, Senin (9/9),” katanya.

Aswan mengatakan, ke-7 fraksi tersebut terdiri enam fraksi partai utuh dan satu fraksi gabungan tiga partai. Adapun tujuh fraksi tersebut yakni Fraksi PDIP, Fraksi Nasdem, Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi Golkar, Fraksi PAN dan Fraksi Persatuan Indonesia yang merupakan gabungan dari PKPI (2 kursi), Partai Perindo (1 kursi) dan Partai Berkarya (1 kursi).

DPRD BS akan menggelar rapat paripurna intern pertama dengan agenda pembentukan sekaligus pengesahan fraksi. Sesuai dengan perolehan suara partai politik, akan ada tujuh fraksi di DPRD BS yang terdiri enam fraksi partai utuh dan satu fraksi gabungan tiga partai. Adapun tujuh fraksi tersebut yakni Fraksi PDIP, Fraksi Nasdem, Fraksi Demokrat, Fraksi Gerindra, Fraksi Golkar, Fraksi PAN dan Fraksi Persatuan Indonesia yang merupakan gabungan dari PKPI (2 kursi), Partai Perindo (1 kursi) dan Partai Berkarya (1 kursi). “ Mekanisme pembentukan dan struktur fraksi sesuai dengan usulan partai,” ujarnya.

Aswan menjelaskan, setelah fraksi terbentuk, kemudian DPRD akan mulai membahas tata tertib (tatib). Pembahasan tatib menjadi prioritas karena akan menjadi dasar anggota DPRD dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat.

Sebab, didalam tatib nantinya akan diatur tugas dan kewajiban anggota dewan saat masuk kantor, seperti pakaian yang dikenakan, jam pulang, aturan saat rapat hingga pemberian tunjangan.“Setelah itu nanti, pembentukan alat kelengkapan, namun pelaksanaannya setelah selesai pelantikan unsur pimpinan definitif,” terang Aswan. (369)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*