DPMPD Dorong Desa Kreatif

Logo BENTENG
Logo BENTENG

BENTENG, Bengkulu Ekspress– Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) mendorong seluruh desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menjadi desa kreatif dengan basis potensi lokal. Terlebih lagi, belum lama ini juga digelar Inovasi Desa yang dapat menjadi inspirasi bagi Pemdes dalam mengembangkan dan membangun desa.

“Desa di Kabupaten Benteng harus menjadi desa kreatif dan inovatif dengan potensi-potensi lokal. Apalagi desa juga didukung dengan bantuan dana desa (DD) yang bersumber dari pemerintah pusat untuk membangun desa,” kata Kepala DPMPD Kabupaten Benteng, Dra Yulia Faridah MSi.

Yulia menjelaskan, pihaknya akan terus memfasilitasi desa dalam mengembangkan potensi-potensi desa, baik dalam sektor alam maupun jasa. Salah satunya adalah melalui pelatihan dan Bimtek terkait pengelolaan dana desa dan hal teknis lainnya.

“Kami mencita-citakan desa di Kabupaten Benteng menjadi desa mandiri dengan kreativitas warga berbasis potensi lokal,” sampainya.

Sementara Sekretaris Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Benteng, M Halis menilai pembangunan desa saat ini sangat cepat lantaran adanya kucuran pemerintah pusat melalui program DD. Bahkan tidak hanya pembangunan fisik, pembangunan non fisik berupa peningkatan kualitas SDM juga dapat dilakukan.

“Melalui suntikan DD ini, harapan menjadi desa kreatif dan mandiri tidak sekedar impian, namun bisa diwujudkan segera. Tinggal lagi bagaimana sinergisitas DPMPD dan organisasi perangkat daerah (OPD) lain melakukan pembinaan kepada seluruh desa,” tandas Halis.(135)