DPMD Sorolangun Belajar ke Benteng


Bakti/BE
BELAJAR : Kabid Pengembangan Ekonomi Masyarakat DPMD Benteng, Debby Septika SSTP MSi foto bersama Sekretaris, Kabid dan Staf DPMD Sorolangun yang datang belajar tentang cara mengembangkan TTG.

BENTENG, bengkuluekspress.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sorolangun Provinsi Jambi melakukan kunjungan ke kantor DPMD Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).
Kedatangan Sekretaris DPMD Sorolangun, Drs Syamsurijal bersama pejabat Kabid dan staf ialah untuk mempelajari cara yang dilakukan DPMD Benteng mengembangkan teknologi tepat guna (TTG) di setiap kecamatan.
Kabid Pengembangan Ekonomi Masyarakat DPMD Benteng, Debby Septika SSTP MSi menjelaskan, Kabupaten Benteng telah memiliki Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) di setiap kecamatan. Pembentukan Posyantek diperkuat dengan SK Bupati. Selain itu, setiap tahun DPMD Benteng memiliki agenda rutin berupa lomba TTG tingkat kabupaten. Melalui kesempatan itu, masing-masing pengurus Posyantek menggirimkan teknologi terbaik hasil karya masyarakat.
Menghadapi lomba TTG 2021 nanti, sambung Debby, pihaknya telah berkoordinasi dengan pengurus Posyantek agar kiranya dapat memotivasi masyarakat memperkenalkan teknologi ciptaan mereka. Misalnya, alat pengolah limbah menjadi barang bermanfaat, pembuatan herbisida dari bahan sekitar dan alat pembuatan alat yang mampu mengolah urine hewan menjadi pupuk.
“Kami menyambut baik kedatangan pejabat dari DPMD Benteng dan saling berbagi informasi. Khusus di Kabupaten Benteng, kami akan memotivasi pengurus Posyantek untuk bersemangat dan semakin kreatif dalam menciptakan TTG. Sehingga, juara di lomba tingkat kabupaten bisa bersaing ke kancah nasional,” pungkas Debby.(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*