DPM PTSP Usulkan 1.242 Unit PLTS

Lampu jalan tenaga surya yang ada di kawasan Kota Curup, untuk menerangi kawasan pinggiran Rejang Lebong, DPM PTSP mengusulkan pengadaan 1.242 unit PLTS ke pemerintah pusat.
Lampu jalan tenaga surya yang ada di kawasan Kota Curup, untuk menerangi kawasan pinggiran Rejang Lebong, DPM PTSP mengusulkan pengadaan 1.242 unit PLTS ke pemerintah pusat.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Guna mensuskseskan program Indonesia terang yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo. Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) mengusulkan pengadaan 1.242 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Kepala DPM PTSP Kabupaten Rejang Lebong, Ir Afnisardi MM menjelaskan, PLTS yang diusulkan ke Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia tersebut baik untuk lampu peneranganan jalan umum (PJU) mampun lampu untuk rumah penduduk yaitu PLTS SHS atau Solar Home System.

“Usulan telah kita sampaikan ke Menteri koordinator bidang PMK beberapa waktu lalu, kita berharap usulan kita ini bisa direalisasikan sehingga masalah listrik di Rejang Lebong ini bisa kita atasai,” terang Afnisardi saat ditemui Kamis (22/2) kemarin.

Menurut Afni PLTS yang mereka usulkan tersebut, akan dikhususkan untuk daerah-daerah yang selama ini belum dijangkau jaringan dari PLN sehingga akan diberi PLTS. Dimana dari pendataan yang mereka lakukan setidaknya Rejang Lebong membutuhkan 1.242 unit PLTS baik untuk PJU maupun SHS di beberapa kecamatan yang ada di Rejang Lebong.

“Setelah kita lakukan pendataan, kebutuhan kita di Rejang Lebong ini sebanyak 1.242 unit,” tambah Afni.

Kebutuhan sebanyak 1.242 unit tersebut, telah disampaikan DPM PTSP Rejang Lebong dalam proposal usulan ke Kementerian Koordinator Bidang PMK RI. Dimana dari 1.242 unit tersebut 600 unitnya untuk PLTS PJU sedangkan sisanya sebanyak 642 unit untuk PLTS SHS.

Dalam usulan tersebut, menurut Afni 600 PLTS PJU tersebut untuk menutupi kebutuhan PJU 6 kecamatan yang ada di Rejang Lebong, yaitu Kecamatan Selupu Rejang, Sindang Kelingin, Sindang Dataran, Sidang Beliti Ilir, Binduriang dan Kota Padang dimana masing-masing kecamatan membutuhkan 100 unit PLTS PJU.

Sementara itu, untuk PLTS SHS akan diberikan di 7 desa yang ada di 3 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Kecamatan yang diusulkan untuk mendapatkan PLTS SHS tersebut adalah Kecamatan Padang Ulang Tanding yaitu di Gunung Ayu Desa Bukit Batu sebanyak 97 unit dan di Talang Semendo sebanyak 125 unit.

Kemudian di Kecamatan Sindang Beliti Ulu yaitu Bandar Agung Desa Lubuk Alai sebanyak 30 unit dan Palembang Kecil 60 unit. Kemudian sisanya di Kecamatan Sindang Dataran yaitu di Desa Sinar Gunung sebanyak 200 unit, di Desa Warung Pojok sebanyak 50 unit, Desa Air Ruso sebanyak 30 unit, Desa Talang Belitar sebanyak 25 unit dan Desa Suka Menanti sebanyak 25 unit.

“Data ini sifatnya baru sebatas usulan kita, kita berharap semua usulan kita diakomodir sehingg masyarakat kita yang belum menikmati listrik bisa segera menikmati listrik,” harap Afni.(251)