DPKPP Datangi Kementerian PUPR

Foto : Kepala DPKPP Bengkulu tengah, Hendri Donal SH MH

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekpress – Demi mendapat kejelasan bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS), Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) berencana mendatangi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI.

“Sampai saat ini, kami belum mendapat kepastian tentang kuota BSPS. Karena itulah, dalam waktu dekat saya akan berkoordinasi ke Kementerian. Yang jelas, keberangkatan akan dilakukan setelah audit keuangan oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu selesai,” kata Kepala DPKPP Benkulu tengah, Drs Hendri Donal SH MH, Kamis (7/2).



Jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, Hendri Donal mengungkapkan, bahwa kuota BSPS sudah diterima di setiap awal tahun, yakni pada bulan Januari.\ Dengan demikian, proses penyaluran dana dan realisasi pembangunan rumah penerima manfaat BSPS sudah dilakukan pada bulan April-Mei mendatang.

“Dari group DPKPP Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu, semuanya juga belum mendapat kejelasan,” bebernya.

Hendri Donal menyampaikan, hanya tinggal 2.800 rumah dari total 3.000 rumah tak layak huni (RTLH) di Bengkulu tengah yang dinyatakan berhak mendapat kucuran dana BSPS. “BPSP sudah berlangsung sejak 3 tahun lalu. Hingga saat ini, sekitar 1000 rumah sudah direhab,” paparnya.

Dari pendataan, bantuan sudah disalurkan 5 dari total 11 kecamatan se-Kabupaten Benkulu tengah. Diantaranya, Kecamatan Pondok Kelapa, Pondok Kubang, Bang Haji, Pematang Tiga serta Kecamatan Karang Tinggi.

Agar bantuan bisa merata, Pemda Bengkulu tengah harus berlaku bijak dan membagi kuota secara adil.  “Kuota BSPS tahun 2019 hanya akan diberikan ke 6 kecamatan yang belum pernah menerima bantuan. Paling tidak, setiap kecamatan ada 3 desa yang menerima manfaat. Untuk jumlah, nantinya disesuaikan dengan kuota yang diterima secara keseluruhan,” tandasnya.(135)