DPKP Perluas Lahan Jeruk Gerga

1
TUBEI,BE – Jeruk Gerga yang menjadi produk unggulan Kabupaten Lebong saat ini ternyata menjadi fokus pengembangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lebong. Hal ini terbukti ditahun 2015 mendatang, DPKP kembali melakukan penambahan luas lahan jeruk gerga seluas 125 hektar.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan lebong Sumiati SP kepada BE kemarin.
“Perluasan lahan jeruk ini merupakan program bantuan dari Kementrian Pertanian dengan menggunakan dana APBN. Karena memang jeruk gerga ini sendiri sudah terkenal hingga kalangan istana negara, untuk itu perlu penambahan luasan lahan,” jelas Sumiati.
Dikatakan Sumiati, sesuai dengan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah), perluasan lahan Jeruk Gerga akan dilakukan di daerah Kecamatan Rimbo Pengadang. Selain itu, ditahun 2015 DPKP juga mendapatkan bantuan untuk tanaman holtikultura lainnya seperti Cabai yang akan dipusatkan di Kecamatan Lebong Tengah dan Kecamatan Lebong Selatan seluas 20 hektar dan Manggis di Kecamatan Lebong Sakti dan Kecamatan Bingin Kuning.
“Ini merupakan bantuan dari Pemerintah RI melalui Kementrian Pertanian, seperti sebelumnya bantuan yang akan diberikan yaitu mulai dari bibit yang akan dipihak ketigakan hingga Saprodi (Sarana Produksi Pertanian, red). Mudah-mudahan bantuan ini nantinya dapat benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” kata Sumiati.(777)