DPB Benteng Bertambah 24 Orang

Bakti/BE
DPB : Ketua dan Komisioner KPU Benteng saat menggelar rapat pleno terbatas tentang penetapan DPB bulan Juni 2021.

 

BENTENG,bengkuluekspress.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu Tengah (Benteng) rutin melakukan pendataan terhadap daftar pemilih berkelanjutan (DPB). Dari hasil pendataan terbaru, jumlah DPB pada bulan Juni 2021 mengalami penambahan jika dibandingkan dengan DPB bulan Mei 2021.
“DPB bulan Mei ditetapkan 83.562 orang. Pada bulan Juni 2021 bertambah dan menjadi 83.586 orang. Ada penambahan 24 orang pemilih jika dibandingkan dengan DPB bulan lalu,” ungkap Komisioner KPU Benteng Divisi Data, Nora Agustin.

Dijelaskan Nora, penambahan DPB dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya, ditemukan adanya penambahan pemilih baru atau warga yang sudah memasuki usia 17 tahun. Penelusuran di 11 kecamatan se-Kabupaten Benteng, pemilih baru bertambah sebanyak 124 orang. Disisi lain, ada pula pengurangan jumlah pemilih akibat meninggal dunia sebanyak 26 orang dan pindah domisili sebanyak 74 orang.

Diakui Nora, pemuktahiran DPB akan dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Teknisnya, KPU akan langsung melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Benteng. Selain itu, sambung Nora, masyarakat juga berpartisipasi aktif dengan membantu proses pendataan yang dilakukan oleh KPU. Yaitu, dengan menggunakan aplikasi google form. Melalui aplikasi itu, masyarakat bisa memberikan informasi tentang status kependudukan mereka. Baik itu masyarakat yang sudah pindah penduduk ataupun penduduk baru.
“Sumber DPB didapat dari laporan masyarakat melalui aplikasi dan data dari Dukcapil. Sehingga, data yang digunakan bisa dipertanggungjawabkan keabsahannya,” pungkas Nora.(135)

 







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*