DPAD Serahkan Bantuan Buku

buku
fOTO ; IST

PONDOK KELAPA BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Meningkatkan minat baca masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) gencar melaukan peminjaman koleksi buku yang ada. Baik itu kepada Perpustakaan Desa, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta taman bacaan masyarakat (TBM) yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah.

“Agar koleksi buku-buku yang ada di kantor bisa lebih bermanfaat, kami telah bekerjasama dengan seluruh Perpustakaan Desa dan TBM yang ada. Hari ini (kemarin,red), kami meminjamkan buku-buku edukasi kepada TBM Salimah yang berlokasi di Dusun Pulau Beringin, Desa Harapan, Kecamatan Pondok Kelapa,” kata Kepala DPAD Kabupaten Bengkulu Tengah, Dra Hj N Yuhannah MM, Jumat (8/6).

Secara keseluruhan, sambung Yuhannah, Kabupaten Benteng sebanyak 23 taman kanak-kanak (TK), 103 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), 54 taman bacaan masyarakat (TBM) dan ratusan Perpusdes. “Dari keseluruhan TBM yang ada, hanya TBM Salimah yang dinilai aktif,” tandasnya.

Selain pinjam pakai, Yuhannah mengatakan bahwa pihaknya juga memperjuangkan agar seluruh TBM bisa mendapatkan bantuan buku-buku dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI. Sedangkan untuk perpustakaan desa, Yuhannah mengharapkan agar Pemerintah Desa bisa menggelontorkan dana desa (DD) yang berasal dari Pemerintah Pusat.

“Usulan kebutuhan buku dari masing-masing TBM sudah kita sampaikan ke pusat pada akhir tahun 2017 ini. Diharapkan, usulan bisa diakomodir pada tahun ini,” tandasnya.(135)