DP3APPKB Bangun Balai Penyuluhan KB

=Foto : Sri Haryati Prasetya

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Bengkulu Tengah kembali mendapat kucuran dana alokasi khusus (DAK) tahun 2019 ini. Dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja nasional (APBN) ini nantinya akan disalurkan untuk beberapa pembangunan fisik.

“Pada tahun 2019 ini, alhamdulillah kami berhasil mendapat bantuan DAK fisik,” kata Kepala DP3APPKB Benteng, Sri Haryati Prasetya SSTP MPd.

Dari beberapa item yang akan dibangun, sambung Sri, salah satu pembangunan yang paling banyak membutuhkan dana adalah pembangunan Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB). “Sebagian besar akan dimanfaatkan untuk pembangunan Balai Penyuluhan KB,” tambahnya. Secara keseluruhan, semua kecamatan awalnya sudah memiliki Balai Penyuluhan KB. Akan tetapi, setelah terjadi pembentukan kecamatan baru, Balai Penyuluhan KB yang berada di Desa Lagan berada di wilayah Kecamatan Semidang Lagan yang merupakan kecamatan terbungsu.

“Sebelumnya, Balai Penyuluhan KB di Desa Lagan berada di wilayah Kecamatan Talang Empat. Setelah terjadi pembentukan kecamatan baru, Balai di Desa Lagan menjadi bagian dari kecamatan baru. Sebab itulah, pada tahun 2019 ini Balai Posyandu di Kecamatan Talang Empat akan dibangun,” paparnya. Sesuai dengan ketentuan, sambung Sri, pembangunan tak bisa langsung direalisasikan secara instan. Sebagai langkah awal, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan setempat agar menyediakan lahan yang aman dan kondusif.

“Yang paling penting, lahan yang akan dibangun tidak bermasalah. Nantinya, Balai Penyluhan KB bisa menjadi wadah untuk melakukan berbagai kegiatan DP3APPKB Benteng, seperti penyuluhan ataupun pertemuan bersama penyuluh KB,” jelasnya.

Selain Balai Penyuluhan KB, mantan Kabag Umum dan Perlengkapan Setda Pemkab Benteng ini menuturkan, dana Rp 1 miliar itu juga akan dimanfaatkan untuk beberapa item. “DAK juga akan digunakan untuk pembuatan pagar Balai Penyuluh KB di setiap kecamatan. Selain itu, DAK juga akan dimanfaatkan untuk pengadaan 3 (tiga) unit motor dinas (Tornas) Penyuluh KB,” tutup Sri.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*