Dosis Vaksin Tahap Dua Alami Perubahan

APRIZAL/BE
Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua akan mengalami perubahan dosis

ARGA MAKMUR, BE – Pada pemberian vaksin tahap kedua mendatang dipastikan ada sedikit perbedaan. Yakni pada jumlah penerima vaksin per vialnya. Walaupun vaksin yang digunakan tetap vaksin Sinovac.

Hal tersebut disampaikan langsung Kabid P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Ujang Ismail SKM MPH saat dikonfrimasi awak media, Kamis (25/2). Dia mengatakan, vaksin Sinovac yang digunakan nantinya telah difinishing oleh Bio Farma dan dikemas ulang juga oleh Bio Farma dengan ukuran yang lebih banyak sehingga nantinya per vial vaksin akan diberikan untuk 10 orang.

“Jika sebelumnya 1 vial hanya diberikan untuk 1 orang, namun untuk digelombang kedua nanti 1 vial bisa digunakna untuk 10 orang penerima dan dipastikan dosisnya sama oleh Kemenkes,”kata Ujang.

Ujang pun menambahkan, untuk gelombang kedua ini diberikan kepada kelompok pelayan publik, yakni TNI, Polri, ASN, guru, pegawai BUMN maupun BUMD dan kelompok pedagang. Namun, mengenai waktu pemberian vaksin sendiri masih harus menunggu petunjuk dari Kemenkes. Saat ini proses pendataan calon penerima vaksin masih terus dilaksanakan.
“Sebenarnya data base dari pihak Kemenkes sudah ada, namun data tersebut harus dikroscek balik dengan data yang ada di daerah, sehingga nanti tidak ada perbedaan antara pusat dan daerah,” tandasnya. (127)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*