Dosen UI Agendakan FGD Barong Landong

Logo UI

BENGKULU BE – Dalam program pengabdian masyarakat (Pengmas) dosen Universitas Indonesia (UI), Cecep Eka Permana, mengagendakan menggelar Focus Group Discussion (FGD). Dengan topik Kajian Pelestarian dan Pengembangan Barong Landong Bengkulu. FGD tersebut diselenggarakan secara virtual hari ini, Selasa, (29/12).

Dengan melibatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, para budayawan Bengkulu, yang menguasai Barong Landong, pemerhati budaya Bengkulu.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Martina Nengsi MPd, sangat mengapresiasi dosen UI, terkhusus Cecep Eka Permana, yang sekaligus ketua tim program Pengabdian Masyarakat UI atas fokusnya kebudayaan Kota Bengkulu Barong Landong.

Kegiatan FGD tentunya sangat mendukung Pemerintah Kota Bengkulu, dalam memperkaya informasi terkait budaya Bengkulu, khususnya barong landong yang baru saja dijadikan warisan budaya asal Bengkulu. Pengabdian Masyarakat ini, tentunya dilakukan untuk memperoleh informasi dan masukan-masukan langsung dari masyarakat setempat perihal pelestari cagar budaya ke arah pengembangan dan pemanfaatan cagar budaya.

“Tentu kami sangat antusias digelarnya FGD ini,” katanya.

Dalam kesempatan ini, diharapkan para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan jika diminta dapat memberikan masukan demi untuk kepentingan pelestarian cagar budaya itu sendiri. Setelah adanya FGD ini, maka informasi Barong Landong mampu menghidupkan kembali budaya Bengkulu, karena sejauh ini masyarakat masih belum banyak mengetahui seni ini.

“Harapan kita dengan FGD ini, maka memperkaya tulisan mengenai barong Landong ini. Dengan begitu mudah memahaminya,” tukasnya. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*