Dosen STAIN, Tak Gajian 2 Bulan

CURUP, BE – Sungguh tragis nasib para dosen luar biasa alias dosen kontrak di kampus STAIN Curup.  Mereka yang sudah mengabdi untuk kampus negeri yang terletak di Kelurahan Curup tersebut, sudah 2 bulan belum juga mendapatkan gaji.  Hal itu diungkapkan Ir (30), salah satu DLB STAIN Curup sangat mengeluhkan atas belum dibayarnya honor mengajar. Terlebih lagi, dari pihak STAIN Curup sendiri tidak ada mengeluarkan keterangan yang jelas terkait keterlambatan pembayaran honor DLB itu.

“Honor kami memang tidak seberapa, namun kami sangat tergantung dengan honor itu. Kami sudah bekerja maksimal, sementara gaji kami belum dibayar,” keluhnya.

Ir mengaku sudah beberapa kali menanyakan alasan honor tidak dibayarkan. Jawabannya uangnya tidak ada.  “Kami butuh alasan yang jelas, kalau ada penundaan misal kemungkinan ada masalah defisit, tapi beritahu kami, supaya jelas kerjaan kami ini ada penghargaannya walaupun kecil,” tegas Ir.
Kekurangan tenaga dosen membuat pihak STAIN Curup merekrut tenaga pengajar dosen luar biasa, jumlahnya cukup banyak. Sedangkan gaji yang diterima sendiri cukup bervariasi dari Rp 600 ribu hingga Rp 1,5 juta, tergantung jumlah jam mengajar SKS dan kelas yang diajarkan.  Semakin banyak SKS, maka akan semakin banyak honor yang didapatkan.

“Biasanya akhir bulan kami sudah menerima gaji kami, tapi kali ini, sejak masuk semester baru, gaji kami belum juga dibayar, kami sangat mengharapkan pembayaran gaji itu, karena kebutuhan rumah tangga kami juga mendesak,” ujarnya.

Terkait kondisi tersebut, Ketua STAIN Curup Dr Budi Kisrowo melalui Ketua Pusat Pengembangan Informasi Kampus (PPIK) STAIN Curup Safrudin SPd mengakui adanya keterlambatan pembayaran honor Dosen Luar Biasa itu. Namun ditegaskannya Senin depan, honor para dosen kontrak itu akan segera dibayar seluruhnya.

“Untuk pembayaran honor pada awal semester baru, sering terjadi keterlambatan, tapi hal itu bukan disengaja dan tidak ada masalah keuangan yang terjadi. Hanya saja bagian administrasi dan bendaraha gaji kita, tengah merekap absen dosen.  Mudah-mudahan Senin depan, gaji dosen luar biasa sudah bisa dibayar seluruhnya, karena, rekap absen sendiri, kabarnya sudah selesai, dan gaji honor sudah diajukan, jadi kepada dosen honor kami harap untuk bersabar,” pinta Safrudin. (999)