Dosen IAIN Bergelar Doktor Bertambah

Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, Rahmat Ramdhani MSosi (memakai jas), yang berhasil meraih gelar doktordari program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.
–fto no 3–
Ist/Bengkulu Ekspress
Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, Rahmat Ramdhani MSosi (memakai jas), yang berhasil meraih gelar doktordari program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Bengkulu, bengkuluekspress.com, – Dosen bergelar doktor yang mengajar di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, bertambah seorang lagi. Salah seorang dosen Rahmat Ramdhani MSosi, berhasil meraih gelar doktor. Ia berhasil lulus dari program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Ia berhak mendapatkan gelar doktor setelah melalui ujian promosi doktor dilaksanakan di Lantai II Gedung Utama Program Pascasarjana, kampus UIN Raden Intan Lampung, pada Kamis (12/7), sekitar pukul 15.30 WIB. Disertasinya dengan judul“Dai dan Pengembangan Masyarakat Islam(Studi Dai Migran Dalam Pemberdayaan Matra Agama, Pendidikan dan Ekonomi di Kota Bengkulu,” imbuhnya.

Dosen yang mengajar mata kuliah Ilmu Dakwah ini juga menyampaikan, “Dakwah perspektif pengembangan masyarakat bukan hanya melalui lisan atau ceramah saja, tetapi pendakwah juga harus peka terhadap kebutuhan dasar (Basic Need) masyarakat dan problematika umat dalam bidang agama, peendidikan, ekonomi dan politik”.

Kader Nahdhatul Ulama (NU) Provinsi Bengkulu ini, berhasil meraih gelar (S3) dalam bidang Ilmu Dakwah. Dosen Muda IAIN Bengkulu ini, berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul “ Da’i dan Pengembangan Masyarakat Islam(Studi Dai Migran Dalam Pemberdayaan Matra Agama, Pendidikan dan Ekonomi di Kota Bengkulu)” dihadapan tim penguji.

Yakni, Prof. Rohimin selaku penguji I, Prof. Achlmi penguji II, Prof. Nasor penguji III, Prof. Idham penguji IV, Dr. Hasan V, dengan Ketua sidang Prof. Mukri dan Sekretaris Dr. Fitri Yanti, dalam sidang yang dilaksanakan di Lantai II Gedung Utama Program Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung.



Dosen muda yang juga Ketua Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Bengkulu ini mengatakan, hasil penelitiannya, antara lain, peran dai migran pada matra agama dalam bentuk dakwah konsultatif, dakwah inovatif, dakwah partisipatif, dakwah delegatif, dan dakwah perekat sosial.

Berikutnya, peran dai migran dalam pemberdayaan matra pendidikan melalui lembaga pendidikan formal, non formal dan informal, peran dai migran dalam pemberdayaan matra ekonomi dalam bentuk nara sumber pelatihan kewirausahaan dan pendamping program ekonomi. (rls)